Asian Para Games 2018

Perolehan Medali Indonesia Lampaui Target, Menpora Sibuk Cari Dana Tambahan untuk Bonus

Torehan itu pun sudah melampaui target prestasi yang sebelumnya diminta oleh pemerintah yakni 16 medali emas untuk bisa masuk ke tujuh besar.

Perolehan Medali Indonesia Lampaui Target, Menpora Sibuk Cari Dana Tambahan untuk Bonus
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) bersama dengan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana dalam jumpa pers pemberian bonus atlet, pelatih, dan ofisial Asian Para Games 2018 di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hingga Jumat (12/10/2018) pukul 18.00 WIB, kontingen Indonesia berada di peringkat keenam Asian Para Games 2018 dengan total 112 medali yang terdiri dari 28 medali emas, 41 perak, dan 43 perunggu.

Torehan itu pun sudah melampaui target prestasi yang sebelumnya diminta oleh pemerintah yakni 16 medali emas untuk bisa masuk ke tujuh besar.

Dengan capaian itu pula, kini Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi giliran memikirkan untuk menghimpun bonus yang semula hanya dicadangkan sebesar Rp 204 miliar.

“Semula kami anggarkan sekitar Rp 204 miliar, tapi dengan penambahan ini, kita mencadangkan sampai besok (Sabtu) sore kurang lebih Rp 27 miliar lagi. Bilamana ada tambahan pun kami tentu revisi lagi secara internal untuk menambah itu,” kata Menpora Imam Nahrawi dalam jumpa pers pemberian bonus atlet, pelatih, dan ofisial Asian Para Games 2018 di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018).

Baca: Menpora: Bonus Atlet Peraih Medali Asian Para Games 2018 Diberikan Sebelum Upacara Penutupan

Dana yang didapat untuk memenuhi bonus tersebut pun ia katakan didapatkan dari dana kegiatan-kegiatan Kemenpora dan adapula bantuan dana dari Kementerian Keuangan.

“Begini, kita kan punya estimasi. Bahwa pencapain maksimal emas atau medali secara keseluruhan itu katakanlah 20 emas, 50 perak, dan 50 perunggu. Itu estimasi ya, ternyata di lapangan, semangat juang para atlet kita luar biasa sehingga melampaui estimasi itu,” jelas Imam Nahrawi.

“Sudah barang tentu kita dibantu oleh Kementerian Keuangan, Bu Sri Mulyani atas saran Pak Presiden untuk mencari tambahan anggaran, baik bersumber dari Kementerian Olahraga sendiri, melakukan penyisiran. Dana yang belum terserap maupun dana yang tidak berdampak luas bagi masyarakat seperti anggaran rapat-rapat, kunjungan-kunjungan. Itu dipotong semua untuk pemenuhan bonus itu sendiri,” sambung Imam Nahrawi.

Baca: Tangis Bahagia Jaenal Aripin Usai Raih Perak di Nomor Kursi Roda 200 Meter T54

Untuk pemberian bonus sendiri, Imam Nahrawi mengatakan bahwa akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada esok hari, Sabtu (13/10/2018).

“Meskipun besok (Sabtu) masih ada yang bertanding, kemudian katakanlah yang menerima medali lebih awal, maka mereka pun akan kami jadwalkan untuk diberikan langsung oleh bapak Presiden,” pungkas Imam Nahrawi.

Seperti diketahui, jumlah bonus peraih medali di ajang Asian Para Games 2018 ini tidak berbeda dengan atlet Asian Games 2018 lalu.

Bonus lainnya seperti PNS dan rumah pun berhak mereka dapatkan pula. (*)

Penulis: Abdul Majid
Editor: Sapto Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help