ABC

Tim Peneliti di Perth Kembangkan Tes Darah Pengganti Biopsi Melanoma

Tes darah bagi pasien melanoma (kanker kulit) yang bisa mengurangi perlunya biopsi invasif, kini sedang dikembangkan oleh tim peneliti…

Tes darah bagi pasien melanoma (kanker kulit) yang bisa mengurangi perlunya biopsi invasif, kini sedang dikembangkan oleh tim peneliti pada Edith Cowan University di Perth, Australia.

Melanoma Research Group pada universitas tersebut meneliti sebuah tipe DNA yang ditemukan di plasma sejumlah pasien kanker, yang kemudian mereka gunakan untuk melacak tumor dan memantau respon terhadap pengobatan.

Circulating Tumour DNA kini berkembang sebagai penanda (biomarker) kanker yang menjanjikan karena membawa informasi genetika dari tumor, termasuk tipe-tipe mutasi yang muncul.

Tim peneliti ini melakukan pengujian yang akan mengisolasi bagian-bagian kecil DNA dari sampel darah.

Tes ini ditujukan bagi para pasien yang telah terdiagnosa dengan penyakit melanoma, dan berbeda dengan tes yang dilakukan di Brisbane tahun lalu yang dimaksudkan mendeteksi adanya tanda-tanda penyebaran awal melanoma.

Peneliti Dr Leslie Calapre mengatakan pengujian ini akan mengurangi beban biopsi invasif terutama bagi pasien yang telah menderita kanker pada stadium lanjut.

"Kami bisa melacak respon pasien terhadap terapi atau kami bisa memeriksa informasi genetika dari tumor guna memastikan jika mereka bisa merespon pengobatan dengan baik," jelas Dr Calapre.

Halaman
12
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help