ABC World

Presiden Jokowi Dijadwalkan Temui Warga RI di Sydney

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Australia dan tiba di Sydney, Minggu pagi (4/11). Di sela-sela agendanya yang…

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Australia dan tiba di Sydney, Minggu pagi (4/11). Di sela-sela agendanya yang padat, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk bertemu warga Indonesia yang berada di kota Sydney dan sekitarnya.

Sebuah acara, \'Pentas Kebersamaan: Temu Masyarakat dengan Presiden Joko Widodo\' akan digelar pada Minggu sore di Sydney Showground, yang berada di kawasan Sydney Olympic Park.

"Acara temu masyarakat akan dihadiri maksimal 4.000 orang," ujar Hermanus, Konsul Informasi, Budaya, dan Sosial di KJRI Sydney kepada Erwin Renaldi dari Australia Plus. "Hingga Jumat siang (4/11), total mereka yang sudah mendaftar telah mencapai 3.550 orang."

Meski acara digelar secara gratis, tetapi mereka yang hendak datang harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui event brite.

Acara yang digelar pada pukul 4 sore ini akan menjadi ajang warga Indonesia di Sydney, juga warga Australia yang memiliki ketertarikan pada Indonesia, untuk melihat langsung sosok Presiden Jokowi.

Sydney Showground di kawasan Sydney Olympic Park
Sydney Showground di kawasan Sydney Olympic Park.

Facebook, Sydney Showground.

Rencananya, Presiden Jokowi akan menjawab beberapa pertanyaan dari warga.

"Presiden RI dijadwalkan berada di temu masyarakat selama satu jam, sudah termasuk alokasi waktu untuk memberi sambutan dan bincang-bincang dengan masyarakat," tambah Hermanus.

Pengamanan ketat akan dilakukan di kawasan Sydney Showground. Pengamanan ditangani langsung oleh pemerintah Australia, selaku tuan rumah berkoordinasi dengan penanggung jawab keamanan dari pihak Indonesia.

"Berdasarkan pengalaman dari kegiatan sejenis di negara lain sebelumnya, Presiden RI biasanya akan menghampiri dan menyapa warga yang menghadiri temu masyarakat, berdiskusi, bahkan kadang melakukan selfie/wefie sebelum menyampaikan sambutan...," jelas Hermanus.

Acara temu masyarakat ini juga akan diramaikan oleh penampilan band Gigi dan penyanyi Gita Gutawa.

Acara merupakan hasil kerjasama antara BPKM, KJRI Sydney, KBRI Canberra dengan dukungan para relawan yang berasal dari pelajar dan masyarakat Indonesia di Australia, termasuk anggota Asosiasi Pemuda Australia Indonesia (AIYA) di New South Wales.

Rencananya Presiden Jokowi akan berada di Australia selama dua hari. Setelah Sydney, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Canberra, hari Senin (7/11) untuk menyampaikan pidato di sidang gabungan parlemen Australia di Canberra.

Topik pariwisata, keamanan perairan, dan kemitraan khususnya di bidang infrastruktur akan menjadi agenda perbincangan Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Ikuti laporan langsung kunjungan Presiden Jokowi melalui halaman Facebook Australia Plus di facebook.com/AustraliaPlusIndonesia.

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved