ABC

Fenomena Equinox dan Gerhana Satelit

Siang dan malam pada hari ini (20/3) masing-masing berdurasi 12 jam di seluruh dunia - kecuali di kutub – seiring dengan bumi mencapai…

Siang dan malam pada hari ini (20/3) masing-masing berdurasi 12 jam di seluruh dunia - kecuali di kutub – seiring dengan Bumi yang mencapai titik ekuinox.

Tapi dalam dua minggu setelah equinox musim gugur - dan dua minggu sebelum equinoks musim semi - di belahan Bumi selatan, Anda mungkin akan memperhatikan siaran radio atau TV akan terputus beberapa saat.
Jika Anda berada di daerah pedalaman, sambungan internet mungkin akan naik turun. Apa yang sebenarnya terjadi?

Apa itu fenomena equinox?

Jika Anda berdiri di garis khatulistiwa dan mendongak ke atas selama equinoks berlangsung, Anda akan melihat matahari melintas persis di atas kepala.

Ini adalah titik dimana matahari muncul melintasi khatulistiwa dari perspektif Bumi, sehingga matahari akan memancarkan cahaya yang sama banyaknya di kedua belahan.

Sumbu Bumi akan miring menjadi 23,5 derajat. Seiring dengan Bumi yang mengelilingi mataharri, bagian lain dari planet kita ini akan miring lebih langsung ke arah matahari.

Inilah yang menyebabkan tibanya musim di bagian dunia yang beriklim. Dalam musim panas Australia, belahan Bumi bagian selatan menjadi dimiringkan ke arah matahari, dan di musim dingin belahan Bumi bagian selatan akan miring menjauh dari matahari.
Tapi di dua titik tahun ini - ekuinoxpada bulan Maret dan September - sumbu Bumi berada di sisi atas, sehingga tidak ada bagian dari planet Bumi yang dimiringkan menuju atau menjauh dari matahari.

"Jika tidak ada kemiringan arah Bumi, akan terjadi ekuinox sepanjang tahun," kata Dr Brett Carter, seorang ahli cuaca ruang di RMIT University di Melbourne.

"Karena ada kemiringan di sumbu rotasi Bumi, kita mengalami langsung berada di bawah matahari dua kali dalam setahun pada sekitar tengah hari," jelasnya.

sun outages
Selama berlangsungnya equinox matahari melintas tepat diatas garis katulistiwa.

Wikimedia Commons/ABC

Apa itu gerhana satelit?

Gerhana satelit terjadi ketika energi matahari mengganggu sinyal dari satelit. Seluruh satelit dapat terdampak, tapi satelit geostasiuner merupakan yang secara khusus amat rentan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help