ABC

Mengapa Kota Canberra Melarang Papan Reklame

Ketika Anda menyusuri salah satu jalan raya yang lebar di Canberra, akan tampak taman-taman, pohon dan pegunungan di kejauhan. Anda…

Ketika Anda menyusuri salah satu jalan raya yang lebar di Canberra, akan tampak taman-taman, pohon dan pegunungan di kejauhan. Anda tak akan menemukan papan reklame seperti di kebanyakan kota lainnya.

Mengapa tidak banyak papan reklame di ibukota Australia (ACT) ini? Itulah pertanyaan salah seorang warga Canberra, Sandi Lees.

"Dari jalan raya, begitu memasuki wilayah ACT Anda langsung tidak melihat adanya reklame... hanya pemandangan indah," katanya.

Lees mengatakan kurangnya papan reklame besar adalah bagian dari daya tarik kota. Dia yakin ada politik di balik semua ini.

"Saya pikir mungkin ada hubungannya dengan posisi sebagai kota politik dan memang dirancang menjadi egaliter. Kami tidak ingin terlihat menunjukkan dukungan kepada siapa pun," katanya.

Apakah ada larangan billboard?

A billboard at the Canberra Centre.
Sebuah papan reklame di pusat kota Canberra Centre.

ABC News: Sonya Gee

Memang ada larangan. Meskipun ada satu pengecualian utama dan beberapa yang lainnya.

Rencana Ibukota Nasional, yang mengatur jalan-jalan utama Canberra dan bidang-bidang penting lainnya, menyebutkan: "Papan komersial di pinggir jalan tidak diizinkan dalam wilayah jalan, kecuali di tempat pemberhentian bus."

Pengecualian ini sebenarnya terbilang baru, karena beberapa tempat pemberhentian bus kota diganti dengan struktur yang lebih modern.

Pemerintah ACT membatasi papan komersial di seluruh wilayah Canberra lainnya, mencegah adanya iklan di ketinggian di atas lantai dasar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help