ABC

Sejarah Aborigin dan Indonesia Dalam Lukisan

Merayakan Pekan Komite Nasional Hari Aborijin dan Kepulauan (NAIDOC) yang berakhir 9 Juli, pelukis Aborijin, Jandamarra Cadd, dan…

Merayakan Pekan Komite Nasional Hari Aborijin dan Kepulauan (NAIDOC) yang berakhir 9 Juli, pelukis Aborijin, Jandamarra Cadd, dan pelukis Indonesia, Jerry Thung, berkolaborasi dalam satu lukisan bercorak hewan yang memiliki arti penting bagi masing-masing komunitas.

Keduanya mencoba menggambarkan ikatan sejarah antara masyarakat Aborijin dan Indonesia yang telah terjalin sejak sebelum era kolonialisme di Australia. 

Ular naga dan burung garuda adalah dua hewan yang dilukis Jerry dalam kolaborasi kanvasnya bersama Jandamarra.

Bagi pelukis kelahiran Bogor, Jawa Barat, ini, naga dan garuda mewakili simbol penting di tengah masyarakat Indonesia.

Kepada Nurina Savitri dari Australia Plus, Jerry menuturkan, meski kedua hewan tergolong makhluk-makhluk mitos, posisi mereka cukup penting.

“Naga dan garuda itu kan makhluk mitos di Indonesia ya yang sudah apa…mengakar di tradisi, jadi lambang-lambang tertentu,” jelasnya sembari melukis di gedung Kedutaan Australia di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Di tradisi Bali, garuda dideskripsikan sebagai makhluk yang memiliki kepala, sayap, dan cakar elang sekaligus memiliki bagian yang menyerupai manusia, yakni tubuh dan lengan. Sementara dalam kisah klasik Mahabarata, garuda disebut sebagai burung yang kuat dan mempunyai solidaritas tinggi serta merupakan kendaraan Vishnu (Dewa Wisnu) ketika mengelilingi Bumi.

Tradisi memang menjadi benang merah lukisan Jerry dan mitranya, Jandamarra. Jika pelukis Indonesia itu menggambarkan hewan mitos ular dan burung, maka Jandamarra melukiskan hewan yang hidup di air, yakni penyu dan ikan.

Tak hanya itu, pelukis Aborijin keturunan Yorta Yorta dan Dja Dja Warung ini juga menyertakan satu hewan irisan yang juga menempati posisi penting dalam budaya Aborijin, yakni ular. Dalam tradisi warga asli Australia ini, ular pelangi atau ‘rainbow serpent’ dianggap sebagai bagian penting dari tiap generasi.

“Lukisan ini buat saya…ada hewannya seperti penyu dan ikan, tapi juga ada mitologi seperti ular pelangi dan ular pelangi ini dalam budaya Aborijin adalah sang pencipta kehidupan,” jelasnya.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press \'M\' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Video Seniman Aborigin
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help