ABC

Pasangan Ini Dibebaskan Kelompok Ekstrimis Setelah Punya Tiga Anak

Pasangan Caitlan Coleman dari Amerika dan Joshua Boyle dari Kanada bersama ketiga anaknya akhirnya dibebaskan setelah bertahun-tahun…

Pasangan Caitlan Coleman dari Amerika dan Joshua Boyle dari Kanada bersama ketiga anaknya akhirnya dibebaskan setelah bertahun-tahun ditahan kelompok Haqqani yang terkait dengan Taliban.

Para pejabat AS mengatakan Pakistan menjamin pembebasan pasangan tersebut yang diculik lima tahun lalu saat bepergian ke Afghanistan dan ditahan oleh jaringan Haqqani di Pakistan.

Coleman hamil saat dia ditangkap. Pasangan tersebut memiliki tiga anak saat berada dalam penahanan dan kini semuanya telah dibebaskan.

Seorang pejabat keamanan nasional AS yang tak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa kerjasama merupakan langkah penting arah dalam hubungan AS-Pakistan.

Presiden Donald Trump memuji pembebasan tersebut, menyebutnya sebagai "momen positif" untuk hubungan AS-Pakistan.

"Kerjasama Pemerintah Pakistan merupakan pertanda bahwa mereka menghormati permintaan Amerika untuk berbuat lebih banyak dalam menciptakan keamanan di wilayah tersebut," katanya dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih.

Keluarga alami cobaan berat

Pembebasan ini terjadi hampir lima tahun ke depan sejak Coleman dan Boyle kehilangan kontak dengan keluarga mereka saat bepergian di pegunungan dekat ibukota Afghanistan, Kabul.

Pasangan tersebut berangkat pada musim panas 2012 dalam perjalanan ke Rusia, Kazakhstan, Tajikistan dan Kyrgyzstan, dan kemudian ke Afghanistan.

Orangtua Coleman terakhir mendengar dari menantunya pada 8 Oktober 2012, dari sebuah kafe internet yang oleh Boyle digambarkan sebagai wilayah "tidak aman" di Afghanistan.

Coleman dalam keadaan hamil pada saat diculik, dan sebuah video yang dirilis oleh Taliban pada bulan Desember menunjukkan dua anak laki-laki mereka lahir saat dia dan suaminya menjadi sandera.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help