ABC

Konsumen Akan Bisa Memantau Pemakaian Listrik Lewat App

Di Australia Barat, sebuah app sudah ada untuk memungkinkan konsumen memantau pemakaian listrik dan gas mereka.

Di Australia Barat, sebuah app sudah ada untuk memungkinkan konsumen memantau pemakaian listrik dan gas mereka.

Menteri Energi Australia Barat Ben Wyatt mengatakan selain itu, konsumen juga dimungkinkan di masa depan untuk membayar listrik/gas sesuai dengan kuota seperti yang sekarang dilakukan dengan pembelian kuota telepon.
Model langganan listrik terbaru bernama MyPower sekarang mulain diterapkan di kota Broome dan Port Hedland di Australia Barat dan pemerintah negara bagian setempat mengatakan model seperti ini tampaknya akan diberlakukan di seluruh negara bagian tersebut.

"Ini masa depan penggunaan listrik/gas di Australia Barat, yang berarti konsumen bisa menggunakan listrik, dan membelinya, sesuai dengan kuota seperti model telepon, dan internet, sehingga mereka lebih memiliki pilihan dan kontrol." kata Wyatt.

"Jelas ini adalah cara agar warga Australia Barat memiliki kuasa lebih besar dan lebih mengerti pemakaian listrik/gas mereka." katanya lagi.

Dengan menggunakan app, konsumen perusahaan Horizon Powers bisa memantau penggunaan listrik mereka lewat pemasangan \'meter pintar\' di seluruh perumahan di kawasan Broome dan Port Hedland.

App itu bertalian dengan sistem pembayaran yang lebih luwes, yang memungkinkan konsumen mendapatkan bonus bila tidak menggunakan listrik di masa-masa puncak penggunaan.

Direktur Pelaksana Horizon Power Frank Tudor mengatakan uji coba yang dilakukan di kawasan Port Hedland beberapa bulan lalu menunjukkan bahwa konsumen yang bisa memantau pemakaian listrik mereka akan berusaha mematikan peralatan yang tidak dibutuhkan.

"Kami bisa memberikan umpan balik langsung ke konsumen lewat app, sehingga mereka bisa melihat bagaimana pemakaian listrik dan langsung mengambil tindakan." katanya.

Dia mengatakan karenanya konsumen bisa mengurangi pemakaian listrik mereka sampai sekitar 20 persen.

"Ini hasil yang baik dan ini berarti dorongan kepada konsumen untuk lebih disiplin dan mereka akan mendapat signal mengenai apa artinya pemakaian di saat jam sibuk dan bila mengambil tindakan, mereka akan mendapatkan bonus.:" kata Tudor.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help