ABC

Perencana Keuangan di Brisbane Tipu Klien Pensiunan Hampir Rp 600 M

Seorang mantan perencana keuangan asal Brisbane telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena menipu jutaan dolar dari dana pensiunan…

Seorang mantan perencana keuangan asal Brisbane telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena menipu jutaan dolar dari dana pensiunan lansia.

Brad Thomas Sherwin, 62 tahun, telah dijatuhi hukuman di Pengadilan Distrik Brisbane, setelah mengaku bersalah pada bulan September atas tuduhan penipuan terkait dengan hilangnya investasi $ 60 juta (atau setara Rp 600 miliar).

Pengusaha tersebut menghadapi 24 tuduhan terkait penyalahgunaan dana hampir senilai $ 10 juta (atau setara Rp 100 miliar) dari 39 klien.

Ia menerima hukuman tambahan 12 bulan di penjara karena melanggar tugasnya sebagai direktur.

Ia baru bisa dibebaskan bersyarat setelah empat tahun, yakni pada tanggal 14 November 2021.

Sherwin adalah kepala eksekutif dari perusahaan keuangan ‘Sherwin Financial Planners’ dan direktur sejumlah perusahaan terkait, termasuk bisnis pinjaman properti ‘Wickham Securities’.

Ia memberikan nasehat dan membantu klien menyiapkan dana super swa-kelola sebelum bisnis itu ambruk pada akhir tahun 2012 dan 2013.

Jeffares kehilangan 370.000 dolar (atau setara Rp 3,7 miliar) uang tabungannya
Jeffares kehilangan 370.000 dolar (atau setara Rp 3,7 miliar) uang tabungannya dan harus menyusun ulang KPR-nya untuk mencukupi kebutuhannya.

ABC News: Meghna Bali

Pada 26 kesempatan, Sherwin melakukan transaksi dengan menggunakan uang investasi kliennya, tanpa sepengetahuan mereka, seringkali untuk menutupi pembayaran hutang.

Ketika menjatuhkan putusannya, Hakim Julie Dick mengutuk tindakan Sherwin dengan mengatakan bahwa kliennya telah menaruh kepercayaan mereka padanya dan ia malah "menghancurkan hidup mereka".

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help