ABC

PM Turnbul Minta Wakil Rakyat Australia Tindaklanjuti Plebisit

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan sudah waktunya bagi wakil-wakil rakyat untuk "menerima" hasil survei legalisasi…

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan sudah waktunya bagi wakil-wakil rakyat untuk "menerima" hasil survei legalisasi pernikahan sesama jenis. Mereka diminta segera mengesahkan pernikahan sesama jenis, setelah hasil survei dimenangkan kubu YES.

Survei atau plebisit yang dilaksanakan melalui pos ini menunjukkan hampir 80 persen warga Australia yang memiliki hak pilih telah memberikan suaranya. Hasilnya, 61,6 persen di antaranya menyatakan pasangan gay dan lesbian seharusnya diperbolehkan menikah.

Persentase suara YES terdapat di negara bagian khusus ibukota Canberra (ACT), dengan 74 persen YES. Kemudian disusul Victoria dengan 65 persen, Tasmania dan dan Australia Barat masing-masing 64 persen.

New South Wales memiliki persentase YES terendah dengan 58 persen dan 42 persen lainnya memilih NO.

PM Turnbull menyatakan rakyat Australia telah "memilih YES untuk cinta" dan sekarang terserah Parlemen untuk "menindaklanjutinya".

"Terserah kita di Parlemen Australia untuk menindaklanjutinya, bekerja melakukan apa yang dimandatkan rakyat Australia. Tahun ini, sebelum Natal. Itulah yang harus menjadi komitmen kita," katanya beberapa saat setelah pengumuman hasil plebisit.

PM Turnbull menyebut hasil ini luar biasa, baik dari segi yang ikut memilih maupun yang memberikan suara YES.

Di berbagai tempat di Australia tampak kegembiraan di kubu YES, termasuk di dalam Gedung Parlemen.

Pemimpin Partai Buruh di Senat, Senator Penny Wong, tampak menangis saat hasil plebisit diumumkan.

Pemimpin Partai Hijau Richard di Natale hadir dalam pertemuan kubu YES di Gedung Parlemen. Dia mengucapkan terima kasih atas pendukung YES karena "kerja keras, kampanye, dukungan dan suara Anda".

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help