ABC World

Dokter Australia Operasi Jantung Anak Timor Leste

Berkat usaha dari lembaga amal Australia beberapa remaja asal Timor Leste bisa menjalani operasi jantung, operasi yang sebenarnya…

Berkat usaha dari lembaga amal Australia beberapa remaja asal Timor Leste bisa menjalani operasi jantung, operasi yang sebenarnya rutin dilakukan di Australia namun tidak bisa dilakukan di Dili karena tidak tersedianya fasilitas.

Seperti misalnya seorang remaja bernama Paulo Nascimento yang sebenarnya ingin memiliki hidup yang normal.

Dia suka olahraga terutama sepakbola, dan dengan pemain pujannya adalah bintang Barcelona Lionel Messi, dan dia ingin nantinya menjadi insinyur.

Paulo juga memiliki kondisi dimana jantungnya kadang berdetak cepat selama berjam-jam, dan ini bisa mengakibatkan kematian.

Sebenarnya kondisi ini bisa diperbaiki bila fasilitas tersedia.

Namun Paulo tinggal di Timor Leste, dimana sistem layanan kesehatan di sana masih jauh tertinggal dari negara lain.

Paulo adalah salah seorang yang beruntung yang bisa menjalani operasi di Australia atas usaha Yayasan Jantung Timor Leste.

LMS tersebut berhasil mengumpulkan dana yang kemudian digunakan untuk dana operasi bagi mereka yang menderita gangguan jantung yang dibawa dari Timor Leste ke Australia.

"Timor Leste adalah negara tetangga terdekat kita, dan memiliki tempat yang khusus di hati banyak warga Australia dan ini tergambarkan dari sumbangan yang diberikan banyak orang untuk kegiatan kami." kata Direktur Eksekutif Yayasan Stuart Thomson.

Dr Daryl Ridley explains a heart operation to Paulo Nascimento and his mother.
Dr Daryl Ridley menjelaskan operasi kepada Paulo Nascimento dan ibunya.

ABC News: Cameron Best

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help