ABC World

Pengiriman Makanan Gunakan Drone Diujicobakan di Canberra

Mengirim obat atau bahkan makanan yang dipesan lewat drone mulai marak dilakukan di Australia. Bisa dilakukan di daerah pedesaan karena…

Mengirim obat atau bahkan makanan yang dipesan lewat drone mulai marak dilakukan di Australia. Bisa dilakukan di daerah pedesaan karena jarak yang jauh, namun sekarang dilakukan uji coba di daerah pinggiran kota di Canberra untuk melihat apakah akan berdampak buruk atau tidak.

Lewat proyek bernama Project Wing, perusahaan Google X \'Moonshot\', tengah bersiap untuk melakukan pengiriman makanan Meksiko Burrito dan obat-obatan yang dijual bebas ke pinggiran kota Bonython, Canberra.

Pesawat tak berawak tersebut telah diuji dengan melakukan ratusan pengiriman di daerah pedesaan, namun langkah selanjutnya adalah memindahkan ujibcoba itu ke pinggiran kota - dengan tantangan navigasi yang ditambahkan seperti pohon dan kabel listrik.

Dengan uji coba yang dijadwalkan akan berlanjut di daerah Tuggeranong yang padat penduduknya, yang perlu diperhatikan adalah apakah cara ini melanggar hak privasi warga yang dilalui oleh drone tersebut.

Menurut Badan Penerbangan Sipil Australia (CASA) saat ini tidak ada undang-undang khusus yang mengatur mengenai drone dan hak privasi warga.

"Anda tidak memiliki wilayah udara di atas properti Anda, pesawat terbang bisa terbang di atas rumah Anda dan begitu juga drone," kata juru bicara CASA Peter Gibson.

"Dalam kasus ini mereka akan terbang sekitar 30 meter di atas permukaan tanah - cukup jauh - sehingga masalah-masalah privasi atas uji coba ini benar-benar tidak berbeda dengan pesawat terbang yang terbang diatas properti anda."

Data yang dikumpulkan oleh drone akan disimpan selama 30 hari

Sementara kesamaan antara sebuah pesawat yang berada dio ketinggian 30.000 kaki dengan pesawat tak berawak pada ketinggian 30 meter masih bisa diperdebatkan, seorang juru bicara dari Project Wing mengatakan bahwa warga tidak perlu khawatir, terlepas dari jangkauan sensor pesawat nirawak termasuk GPS dan kamera yang menghadap ke bawah.

Halaman
12
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help