ABC World

Ekspor Anggur Australia Ke China Lewati Angka 1 Miliar Dolar

Angka ekspor minuman anggur (wine) dari Australia ke China mencapai angka tertinggi dalam 10 tahun terakhir, dengan nilainya untuk…

Angka ekspor minuman anggur (wine) dari Australia ke China mencapai angka tertinggi dalam 10 tahun terakhir, dengan nilainya untuk pertama kalinya melebihi $ 1 miliar.

Dengan itu, China sekarang menjadi salah satu negara utama bagi produk minuman anggur dari Australia dengan kenaikan ekspor tahun lalu mencapai 51 persen dari tahun sebelumnya.

Data dari Wine Australia menunjukkan terjadinya lonjakan 16 persen dalam nilai keseluruhan yang mencapai nilai $ 2,65 miliar atau setara Rp 28 triliun antara Maret 2017 hingga Maret 2018.

Volume ekspor juga tumbuh 10 persen dalam rentang waktu yang sama, mencapai rekor hampir 844 juta liter minuman anggur.

Direktur Wine Australia Andreas Clark mengatakan itu adalah pencapaian yang luar biasa bagi industri yang pernah mengalami kesulitan.

"Kisah [prestasi nilai perdagangan anggur Australia ke] China benar-benar mengesankan dan masih harus menempuh jalan panjang," katanya.

"Keberhasilan itu tampaknya datang cukup cepat, tetapi itu juga menunjukan, mereka yang benar-benar menikmati kesuksesan di industri ini sebenarnya adalah mereka yang sudah menjalani perdagangan ini selama 10 hingga 15 tahun."

Ledakan nilai ekspor anggur Australia ini ditunjukkan oleh wine Australia berperan lebih banyak dalam menentukan harga produk atau price point, dimana produk kemasan botol anggur Australia rata-rata memiliki nilai $ 5,74 per liter.

Keberhasilannya dimasukkan ke tren premiumisasi, dimana para pembeli minuman menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli minuman yang mereka rasakan lebih baik.

Halaman
123
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved