ABC World

Mengapa Wanita Melakukan Selfie Seksi

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat wanita muda memposting foto-foto provokatif diri mereka di media sosial?Apakah Anda berpikir…

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat wanita muda memposting foto-foto provokatif diri mereka di media sosial?

Apakah Anda berpikir bahwa para wanita itu sedang dieksploitasi, sedang merendahkan diri sendiri, atau bahwa mereka memang memiliki harga diri yang rendah?

Seorang akademisi di Sydney, Dr Khandis Blake, berpendapat bahwa wanita yang memposting selfie seksi sering disalahartikan dan manfaat perbuatan itu diabaikan.

Psikolog sosial di Universitas NSW ini meneliti hubungan antara prevalensi selfie seksi, ketimpangan pendapatan dan ketidaksetaraan jender.

"Salah satu cara mengartikan narsis yaitu sesuatu yang dilakukan wanita ketika mereka dipaksa melakukan mengeksploitasi tubuh mereka secara seksual," kata Dr Blake kepada ABC Australia.

"Kita sering berpandangan tentang perilaku semacam ini bahwa mereka itu tidak berdaya. Bahwa wanita yang menjadikan Instagram sebagai pekerjaan dengan banyak selfie itu hidupnya hampa dan mereka hanya narsistik," ujarnya.

Meneliti selfie

Dr Blake bersama timnya meneliti selfie dari para wanita di media sosial termasuk Instagram dan Twitter.

Mereka mengamati bagaimana aspek lingkungan sosial, ekonomi dan politik cenderung menunjukkan lebih banyak selfie seksi di lokasi tertentu dibandingkan lokasi lainnya.

"Idenya, dalam pandangan feminis, yaitu bahwa di tempat-tempat di mana wanita kurang kuat maka mereka melakukan lebih banyak selfie seksi," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help