ABC World

Bantuan Australia untuk Gempa Lombok Disalurkan ke PMI

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan sejumlah turis asal negara itu yang berada di Lombok memilih bertahan di pulau-pulau…

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan sejumlah turis asal negara itu yang berada di Lombok memilih bertahan di pulau-pulau Gili jika penginapan mereka tidak rusak akibat gempa.

Menlu Bishop memastikan petugas Deplu Australia berada di Hotel Aruna di Senggigi, Lombok Utara, serta di Bandara Lombok.

Dia menjelaskan bahwa bantuan Australia untuk korban gempa berupa tenda, lampu, makanan dan minuman yang disimpan di Jawa telah disalurkan ke pihak Palang Merah Indonesia.

Pemerintah setempat telah mengambil langkah koordinasi upaya pemulihan bagi warga korban gempa di Pulau Lombok. Sejauh ini dilaporkan 98 korban meninggal dunia dan masih banyak yang hilang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan angka korban meninggal kemungkinan bertambah begitu reruntuhan akibat gempa telah dibersihkan.

Dilaporkan sekitar 13.000 bangunan ambruk akibat du kali gempa yang terjadi dalam satu minggu.

Tadi malam gempa susulan berkekuatan 5,2 SR kembali terjadi.

Pasokan listrik dan sarana komunikasi terputus di sejumlah wilayah, sehingga menyulitkan upaya pencarian korban. Longsor dan jembatan yang ambruk juga menghambat akses ke kawasan pusat gempa di utara Lombok.

Pihak TNI menyatakan mengirimkan kapal untuk mendukung bantuan medis dan logistik.

Sejauh ini sekitar 10.000 orang telah dievakuasi dari Lombok.

Halaman
12
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved