ABC World

Bidan Australia Dorong 'Persalinan Di Air Lebih Dipopulerkan

Prosedur persalinan di dalam air atau water birth masih belum umum dipilih oleh ibu yang hendak melahirkan di Australia. Selain kekhawatiran…

Prosedur persalinan di dalam air atau water birth masih belum umum dipilih oleh ibu yang hendak melahirkan di Australia.

Selain kekhawatiran ibu, para dokter juga tidak terlalu merekomendasikan metode ini, sementara para bidan meyakin persalinan di dalam air ini harus ditawarkan kepada semua wanita hamil.

Sebuah penelitian terhadap para bidan di Australia menemukan bahwa mayoritas bidan meyakini proses melahirkan di dalam air harus ditawarkan kepada semua wanita hamil.

Survey yang dilakukan oleh dosen kebidanan dari University of South Australia, Dr Megan Cooper terhadap 234 bidan menemukan hampir 95 persen dari mereka telah menyarankan metode ini kepada ibu hamil sebagai alternatif untuk kelahiran tradisional di rumah sakit.

Tetapi banyak dokter dan ibu tidak menerima pilihan untuk melahirkan di kolam renang atau bak mandi, sementara hanya sepertiga wanita yang dilaporkan tertarik dengan metode kelahiran ini.

Fasilitas kelahiran air tersedia di tiga rumah sakit bersalin utama di Adelaide, yakni Rumah Sakit Wanita dan Anak-Anak, Flinders Medical Center dan Rumah Sakit Lyell McEwin - tetapi pada tahun 2015 hanya 1,7 persen bayi yang dilahirkan dengan cara ini, termasuk di rumah sakit swasta dan di rumah.

Dr Cooper mengatakan dia berharap penelitian ini akan mendorong para dokter yang menghindari risiko untuk melihat lebih dekat terhadap pilihan itu.

"Ini mungkin awal dari sesuatu, jadi jika kita bisa mendapatkan dokter bekerja sama dengan kami, dan kami bekerja sama dengan dokter untuk benar-benar memberikan pilihan alternatif untuk para perempuan, saya pikir hasilnya akan sangat positif,” katanya.

Dia mengatakan tidak adanya pedoman dan praktisi di Australia adalah dua alasan mengapa persalinan di dalam air tidak lebih umum.

Halaman
123
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help