ABC World

Lukisan Kuno Dari 40.000 Tahun Lalu Ditemukan di Gua Kalimantan

Peneliti Indonesia dan Australia berhasil menemukan lukisan kuno bergambar binatang di gua Kalimantan Timur. Lukisan dari era 40.000…

Peneliti Indonesia dan Australia berhasil menemukan lukisan kuno bergambar binatang di gua Kalimantan Timur. Lukisan dari era 40.000 tahun lalu itu disebut-sebut sebagai gambar cadas figuratif tertua di dunia.

Kolaborasi tim Indonesia dan Australia yang terdiri dari 15 peneliti menemukan lukisan kuno itu di sebuah gua yang terletak di Semenanjung Sangkulirang-Mangkalihat, Kalimantan Timur.

Proyek kolaborasi penelitian itu dilakukan sejak tahun 2015/2016 dan melibatkan para peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia (Puslit Arkenas), Institut Teknologi Bandung (ITB), Griffith University, Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur, Queensland University, dan Australian Synchrotron Victoria.

Lukisan yang tergolong gambar cadas itu diketahui bergambar banteng. Gambar Cadas\' adalah gambar yang dibuat oleh manusia prasejarah pada permukaan batu yang keras, yang diwujudkan dalam bentuk lukisan, goresan, maupun cukilan.

Lewat metode penanggalan uranium-series, lukisan banteng itu diperkirakan berasal dari era 40.000 tahun lalu yang, menurut para peneliti, tergolong zaman es.

"Temuan ini sangat luar biasa karena kita bisa berimajijasi ribuan tahun lalu nenek moyang kita sudah meninggalkan jejak peradaban. Buktinya torehan itu masih bisa dilacak 40.000 tahun kemudian," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, dalam konferensi pers penemuan ini di Jakarta (8/11/2018).

Untuk menentukan tahun asal, para peneliti harus memotong sampel gambar dan dibawa ke laboratorium di Australia.

"Jadi, tonjolan kecil yang tumbuh di depan gambar terpaksa dipotong untuk dijadikan sampel. Di bagian yang ada warnanya juga sedikit dibor untuk mengetahui layer (lapisan) batu. Kemudian setelah itu diperiksa dengan metode uranium tadi," jelas Adhi Agus Oktaviana, peneliti dari Puslit Arkenas, kepada ABC.

Gambar cadas tertua sebelumnya ditemukan di Eropa dengan kisaran periode yang sama, yakni 40.000 tahun lalu.

Halaman
123
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved