ABC World

Ada Ajaran Solidaritas yang Bisa Diambil dari Serangan Masjid Selandia Baru

Gambar Jacinda Ardern memakai kerudung dan memeluk seorang perempuan Muslim dengan kata "Salam" dalam tulisan Arab dan "Peace" diproyeksikan…

Gambar Jacinda Ardern memakai kerudung dan memeluk seorang perempuan Muslim dengan kata "Salam" dalam tulisan Arab dan "Peace" diproyeksikan ke gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, Jumat malam (23/03/2019).

Perdana Menteri sekaligus Wakil Presiden Uni Emirat Arab Mohammed Bin Rashid Al Maktoum mengunggah foto dari proyeksi cahaya tersebut di akun resmi Twitternya.

"Terima kasih PM @jacindaardern dan Selandia Baru untuk empati dan dukungan Anda yang tulus dan telah mendapat rasa hormat dari 1,5 miliar Muslim setelah serangan teroris yang mengejutkan komunitas Muslim di seluruh dunia," ujarnya di akun Twitter pribadinya.

Sikap dan cara PM Ardern berupaya menyatukan warga Selandia Baru setelah aksi teror di masjid Christchurch mendapat pujian dan acungan jempol tidak hanya dari komunitas Muslim saja.

Beberapa warga Australia, misalnya menyampaikan rasa ikut bangga dengan pemimpin di negara tetangganya dengan mengatakan, "andaikan perdana menteri kami seperti Ardern."

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya juga ikut memuji PM Ardern dengan menyebutnya sebagai wajah baru pemimpin muda dunia.

"Ia memiliki sosok kepemimpinan yang sangat kuat, sangat berempati, dan ramah terhadap dunia, khususnya masyarakat Muslim," ujar Tantowi Yahya.

Tantowi memuji keberanian PM Ardern yang dalam waktu cepat menyebut pelaku sebagai "teroris" dan serangannya sebagai "aksi teror", sehingga membuktikan pada dunia bahwa teroris tidak memiliki agama.

"Ini jarang sekali dilakukan pemimpin-pemimpin di negara barat, terutama jika pelakunya adalah orang berkulit putih," tambah Tantowi saat dihubungi Erwin Renaldi dari ABC Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved