Lagi, Bea Cukai Nunukan Tegah Sabu dari Malaysia

Bea Cukai Nunukan bekerja sama dengan Polres Nunukan kembali mengagalkan upaya penyelundupan sabu.

Lagi, Bea Cukai Nunukan Tegah Sabu dari Malaysia
dok. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
Petugas Bea Cukai Nunukan bekerja sama dengan Polres Nunukan kembali mengagalkan upaya penyelundupan Methamphetamine (sabu) seberat 2.157 gram pada hari Rabu (01/08). 

Petugas Bea Cukai Nunukan bekerja sama dengan Polres Nunukan kembali mengagalkan upaya penyelundupan Methamphetamine (sabu) seberat 2.157 gram pada hari Rabu (01/08).

Kepala Kantor Bea Cukai Nunukan, M. Solafudin, dalam konferensi pers tanggal 04 Agustus 2018 mengungkapkan bahwa sebelumnya pihak Kepolisian telah mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP) dari Tawau Malaysia ke Indonesia dengan rute (Tawau-Sebatik/Sungai Nyamuk-Nunukan-Pare-Pare).

Kemudian info tersebut ditindaklanjuti dengan operasi bersama antara petugas Bea Cukai Nunukan dan Satres Narkoba, Polres Nunukan.

“Ketika dilakukan pengamatan di lapangan, petugas mencurigai gerak-gerik seorang penumpang. Setelah diikuti, penumpang tersebut diketahui menempuh rute Tawau (Malaysia)-Sungai Nyamuk-Bambangan-Aji Putri-Nunukan. Pada pukul 20.00 WITA, petugas memutuskan untuk menangkap penumpang yang diketahui berinisial HS dan telah masuk ke kapal KM Thalia jurusan Nunukan - Pare-Pare,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan HS dan hasil pengembangan lebih lanjut terdapat tersangka lain yang berinisial SW dan DM dan pada akhirnya juga mengarah ke kediaman AB dan NH. Dari tangan mereka diamankan 21 bungkus paket NPP jenis sabu dengan berat bruto 2.157 gram.

Pembawaan NPP tersebut melanggar pasal 102 huruf e UU No.17 tahun 2006 tentang Kepabeanan jo Pasal 113 ayat 1 UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika. Saat ini tersangka dan barang bukti berada di Polres Nunukan untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

“Karena semakin maraknya menyelundupan NPP jenis Methamphetamine (Sabu-sabu) melalui Kabupaten Nunukan ini, kami akan memperketat pejagaan di pos-pos Bea Cukai dan akan mengusulkan penambahan pegawai baru. Dengan adanya kerja sama dengan Kepolisian, TNI dan dari berbagai komponen tersebut diharapkan dapat membendung masuknya NPP ke Indonesia khususnya Kabupaten Nunukan,” tegasnya. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help