Imbangi Ledakan e-Commerce, BCA Dukung Aplikasi Berbasis e-Wallet

Senin, 25 April 2016 11:37 WIB
Imbangi Ledakan e-Commerce, BCA Dukung Aplikasi Berbasis e-Wallet

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi, layanan e-Commerce juga semakin meningkat. Ledakan e-Commerce ini harus diimbangi dengan ragam inovasi di bidang financial technology (fintech).

Oleh karena itu, BCA bekerjasama dengan DailySocial untuk menemukan solusi pembayaran terbaik bagi masyarakat Indonesia melalui acara Financial Hackathon (Finhacks) 2016 yang diselenggarakan di Segarra Ancol, Jakarta Utara, pada 23-24 April 2016.

Ajang final pencarian aplikasi terbaik bertema #Hackbythebeach ini turut dihadiri oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dan CEO & Founder DailySocial, Rama Mamuaya.

"Kita patut bersyukur dan bangga karena rangkaian Finhacks 2016 telah sampai pada puncaknya. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar mulai dari diskusi dan pertemuan dengan komunitas TI hingga babak final," ujar Jahja.

Finhacks merupakan ajang yang mendorong kolaborasi antara BCA dan para profesional maupun startup pengembang aplikasi berbasis fintech untuk memberikan solusi pembayaran yang menarik.

Faktor kenyamanan serta keamanan pengguna saat melakukan transaksi keuangan ketika menggunakan layanan e-Commerce menjadi perhatian utama.

Menurut Jahja, ini adalah kesempatan bagi para developer untuk mempunyai wadah yang bisa diakui sekaligus memperoleh hadiah jika aplikasi tersebut dikembangkan dengan baik.

"Kegiatan ini memacu teman-teman untuk mendalami dan mengembangkan aplikasi, dan mendorong BCA untuk menghasilkan solusi pembayaran yang lebih kreatif dan memasyarakat," ujar Jahja saat ditemui Tribunnews.com pada Minggu (24/4/2016).

Dirinya meyakini pemenang yang terpilih pada ajang kompetisi ini menghasilkan berbagai aplikasi solusi keuangan yang akan memberikan sumbangsih pada kemajuan teknologi e-Wallet yang bermanfaat bagi nasabah.

“Melalui acara ini, kami ingin merangsang ide, kreativitas, dan inovasi dari para developer atau masyarakat luas untuk menciptakan sistem pembayaran masa depan dengan cara berinteraksi dengan sistem BCA. Komitmen ini akan kami teruskan karena sejalan dengan misi perseroan yang ingin senantiasa hadir memenuhi kebutuhan nasabah di era e-Commerce,” ujar Jahja.

Direktur BCA, Armand W Hartono mengatakan ide acara Finhacks ini muncul saat dirinya bertemu dengan para developer di sebuah acara komunitas TI yang pada saat itu mereka mengutarakan kesulitan dalam berinteraksi dengan sistem pembayaran bank.

Tema kreatif #HackbyTheBeach yang diusung panitia pun muncul karena kondisi rutinitas para developer saat melakukan hackathon, dan untuk membedakan Finhacks dari acara hackathon pada umumnya.

"Hackathon pada umumnya dilakukan di dalam gedung atau ruangan tertutup. Ide #Hacbythebeach ini muncul karena kami ingin para developer dapat refreshing dan lebih santai, keluar dari kesibukan mereka sehari-hari," ujar Armand.

Dari 59 tim peserta,dipilih delapan tim untuk maju ke babak final dan kemudian dipilih lagi tiga tim terbaik sebagai pemenang.

Berikut ini, pemenangnya :

Juara I diraih oleh Fariz Tajudin, yang memiliki ide Chat Banking.

"Chat Banking ini memberi kemudahan, jadi kalau kalian punya Line, Facebook, KakaoTalk, kalian bisa langsung gunakan aplikasi ini. Contohnya kalau di Facebook bisa langsung ke page-nya Chat Banking, nanti akan ada verifikasi," ujar peserta yang bekerja sendiri tanpa tim ini.

Ia juga mengatakan jika BCA menerapkan aplikasi yang ia buat, ini akan menjadikan BCA sebagai pionir Chat Banking.

"Aplikasi ini idenya orisinal, belum pernah ada dimana-mana. Kalau ini diterapkan, BCA bisa jadi pionir dan otomatis memperkenalkan teknologi Indonesia ke mata dunia juga," ujarnya saat ditemui seusai pengumuman pemenang Finhacks 2016.

Juara II diraih oleh Tim Ambisnis.com yang memberikan idenya melalui pembuatan aplikasi "Gue Bayar", sedangkan juara III dimenangkan oleh Tim Atom yang membuat aplikasi "InstaPay".

Masing-masing pemenang membawa pulang hadiah uang tunai Rp 59 juta + Oculus Rift bagi juara I, Rp 35,9 juta + DJI Phantom 3 untuk juara II, serta uang tunai Rp 15,9 juta + GoPro Hero 4 Black Ed bagi juara III.

Hasil aplikasi para juara ini sebelumnya sudah diuji dan dinilai oleh para dewan juri antara lain Andrew Darwis (Founder Kaskus), Axel Grosse (Axway), CEO & Founder Setipe, Razi Thalib, Anton Soeharyo (CEO and Founder Touchten), Edward I Chamdani (Managing Partner Ideosource), Rama Mamuaya dan Tommy Dian P (DailySocial) serta Stefanie Suanita (GDP Labs).

Editor: Advertorial
MOST READ
© 2014 PT Bank Central Asia Tbk dan Tribunnews.com
Atas
// START Nielsen Online SiteCensus V6.0 // COPYRIGHT 2010 Nielsen Online ?>