Investasi Aman Sekaligus Menjaga Lingkungan Melalui ORI013

Rabu, 28 September 2016 22:26 WIB
Investasi Aman Sekaligus Menjaga Lingkungan Melalui ORI013

Obligasi Negara Retail (ORI) bakal hadir kembali. Pemerintah, melalui Kemenkeu akan menawarkan instrumen investasi Obligasi Negara Ritel Seri ORI013 (ORI013) di Pasar Perdana mulai 29 September  hingga 20 Oktober 2016.

Apa saja keuntungan berinvestasi melalui ORI013?

• Pada saat penerbitan, tingkat kupon ORI biasanya lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat suku bunga deposito bank BUMN. Untuk ORI013 tingkat kupon yang ditetapkan pemerintah sebesar 6,60%. Kupon atau bunga dibayarkan setiap bulan dan besarnya tetap sampai dengan jatuh tempo. ORI013 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2019.

• Keuntungan tambahan bisa Anda peroleh apabila Anda memperdagangkannya di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli.

• Dengan membeli ORI013 Anda juga turut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan. Seluruh agen penjual ORI013 akan  mengalokasikan sebagian dana hasil penjualannya untuk disumbangkan ke Yayasan Kehati dalam rangka pelestarian Mangrove.

• Dan yang terpenting, karena ORI013 merupakan surat utang yang diterbitkan pemerintah sebagai salah satu sumber pendanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), maka berinvestasi melalui ORI013 juga aman karena dijamin oleh Undang-Undang. Dimana Undang-undang No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara (SUN) menyebutkan bahwa Negara wajib membayar bunga dan pokok setiap Surat Utang Negara pada saat jatuh tempo.

Cara Membeli ORI013 dan Keuntungan Membeli di BCA

Barangkali Anda membayangkan untuk berinvestasi melalui ORI013 harus menyiapkan dana yang cukup besar. Jangan kuatir, karena dengan dana minimal sebesar Rp 5 juta Anda sudah bisa membeli ORI013.  Instrumen investasi ini dijual dengan minimal pemesanan Rp 5 juta dan kelipatan Rp 5 juta. Setiap investor hanya boleh memesan ORI maksimum Rp 3 miliar.

Dimana bisa membeli ORI013? Gampang. Anda tinggal datang ke Kantor Cabang Utama BCA atau BCA Prioritas terdekat untuk mengisi formulir pemesanan ORI013. Lampirkan fotokopi KTP dan membuka rekening efek di BCA. Ya, BCA kembali dipercaya menjadi agen penjual instrumen investasi ini. Dengan jaringan cabang BCA yang luas,  tentu tidak sulit  bagi Anda menemukan Kantor Cabang Utama BCA atau BCA Prioritas.

Bukan hanya itu, BCA juga akan memberikan cash back untuk pemesanan ORI013 di Pasar Perdana jika Anda membeli lewat BCA Prioritas atau Kantor Cabang Utama BCA. Cash back yang diberikan sampai dengan Rp 6.000.000,- tergantung pada nominal pemesanan dan sumber dananya.

Masih ada lagi keuntungan lainnya yang akan Anda peroleh jika membeli ORI013 di BCA, yaitu :

• Bebas Biaya Pembukaan Rekening Efek

• Bebas Biaya Penyimpanan sampai dengan jatuh tempo

• Bebas Biaya Transfer Kupon per bulan

• Bebas Biaya Pengiriman Surat Konfirmasi untuk transaksi Jual / Beli untuk pasar sekunder

• Jika Anda nasabah Prioritas BCA, kepemilikan ORI013 ini dapat dijadikan sebagai Agunan untuk pengajuan Kredit Lokal, Time Loan Revolving, Installment Loan dan Personal Loan

• Dapat diperjualbelikan pada pasar sekunder di BCA Prioritas atau Kantor Cabang Utama BCA

• Biaya Transaksi Jual / Beli pada pasar sekunder yang kompetitif (Rp. 25.000,-/transaksi), bila bank Kustodian di BCA

Menarik bukan? Berinvestasi di ORI013 aman, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

BCA Senantiasa di Sisi Anda
(Berita BCA)
BCA Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Editor: Advertorial
MOST READ
© 2014 PT Bank Central Asia Tbk dan Tribunnews.com
Atas
// START Nielsen Online SiteCensus V6.0 // COPYRIGHT 2010 Nielsen Online ?>