Kunci Agar UKM Bisa Bersaing di MEA

Rabu, 28 September 2016 09:23 WIB
Kunci Agar UKM Bisa Bersaing di MEA

Persaingan bisnis di Masyarakat Ekonomi ASEAN memang kian ketat. Bila tak ada inovasi, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang masih menjalankan bisnis secara konvensional bisa tertinggal.

Menurut Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Digital ChampionShift bisa menjadi konsep strategis agar UKM mampu bersaing dalam MEA. Salah satu kuncinya, melakukan perpindahan bisnis konvensional ke sistem daring (online).

“Tidak bisa dipungkiri bahwa peran teknologi digital akan menjadi business enabler bagi pelaku UKM," kata Awaluddin yang sudah 25 tahun berkecimpung di bisnis telekomunikasi itu baru-baru ini.

Namun, UKM tak perlu 100% hijrah ke sistem daring. Pelaku UKM bisa mengadopsi teknologi digital dalam proses bisnisnya dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing. Menurutnya, ada tiga cara melakukan transformasi digital.

Pertama, konsep the more digital, the more global. Secara langsung, konsep ini akan membuat UKM berada dalam satu titik di dunia global, dunia menjadi tanpa batas. Segala aktifitas UKM melalui teknologi digital membuat UKM menjadi bagian dari aktiftas global.

Kedua, the more digital, the more professional. Teknologi digital akan membuat UKM makin profesional. Gawai (gadget) bisa membantu UKM mendapat beragam informasi dan memudahkan melakukan analisis dalam memutuskan sesuatu.

Di sisi lain, dalam bentuk organisasi kelembagaan apapun, teknologi digital mampu mempersingkat proses birokrasi, sehingga membuat proses semakin efisien dan efektif.

Ketiga, the more digital, the more personal. Timbul semacam paradoks ketika teknologi digital menyediakan ruang bersosialisasi lebih luas, di saat yang sama masyarakat makin ingin dilayani secara pribadi. Ini akibat dari data diri yang makin transparan, segalanya menjadi terbuka.

Source : smart-money.co

BCA Senantiasa di Sisi Anda
(Berita BCA)
BCA Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Editor: Content Writer
MOST READ
© 2014 PT Bank Central Asia Tbk dan Tribunnews.com
Atas
// START Nielsen Online SiteCensus V6.0 // COPYRIGHT 2010 Nielsen Online ?>