BCA Kolaborasi dengan MNC Bank dan Rintis Dukung Gerakan Nasional Non Tunai

Senin, 3 Oktober 2016 08:55 WIB
BCA Kolaborasi dengan MNC Bank dan Rintis Dukung Gerakan Nasional Non Tunai

Penggunaan uang elektronik di Indonesia kini terus meningkat. Pada tahun 2015, transaksi menggunakan uang elektronik berjumlah 536 juta dengan nilai mencapai Rp 5,3 triliun. Di tahun 2016, dari Januari hingga Juli, transaksi menggunakan uang elektronik mencapai 358 juta dengan nilai transaksi mencapai RP 3,7 triliun.

Uang elektronik yang berbasis kartu merupakan salah satu jenis yang paling umum digunakan di Indonesia. Transaksi yang paling sering dilakukan menggunakan uang elektronik ini adalah transaksi sehari-hari seperti pembelanjaan di mini market, bus TransJakarta, Kereta Commuter Line, dan merchant belanja lainnya.

Dengan adanya uang elektronik, masyarakat menjadi lebih mudah dalam bertransaksi karena tidak perlu repot membawa uang tunai. Selain itu, para merchant juga sangat terbantu karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian.

Hal tersebut menjadi alasan PT Bank MNC International (MNC Bank) melakukan kerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Rintis Sejahtera (Rintis). Kolaborasi antara MNC Bank dan BCA meliputi penerbitan kartu prabayar multiguna BCA, yaitu Flazz, sedangkan antara MNC Bank dan Rintis adalah bergabungnya MNC Bank dalam Jaringan PRIMA.

Kerja sama MNC Bank dengan Rintis merupakan inisiasi awal dari pengembangan infrastruktur jaringan ATM yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah MNC Bank dalam melakukan transaksi tarik tunai, cek saldo, dan transfer antar bank di lebih dari 96.000 ATM berlogo PRIMA. Dari jumlah tersebut, terdapat lebih dari 16.000 ATM milik BCA yang merupakan bank transaksional terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, akan dilakukan pengembangan infrastruktur jaringan debit, sehingga nasabah MNC Bank juga dapat menikmati kemudahan belanja di lebih dari 380.000 mesin EDC BCA/ PRIMA Debit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan pada Rabu, (31/08/2016) di Hotel Kempinski Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Direktur MNC Bank Benny Purnomo, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dan Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera Iwan Setiawan.

“Melalui kerja sama ini, seluruh nasabah MNC Bank dapat menikmati berbagai keuntungan dan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan uang elektronik. Hal ini sejalan dengan komitmen perseroan untuk terus berinovasi dan selalu memberikan yang terbaik bagi seluruh nasabah,” ungkap Presiden Direktur MNC Bank Benny Purnomo.

Senada dengan Benny, Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen BCA untuk memperluas layanan uang elektronik, Flazz dari BCA. “Kerja sama ini kami lakukan sebagai bukti konsistensi BCA untuk terus mengembangkan pelayanan dan inovasi kepada nasabah MNC Bank serta masyarakat Indonesia pada umumnya,” ungkapnya.

Nantinya, Kartu Flazz yang diterbitkan MNC Bank bersama BCA dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh merchant Flazz serta diikutsertakan dalam beragam program dan penawaran menarik yang diselenggarakan oleh Flazz. Kartu tersebut juga dapat diisi ulang dengan uang tunai di cabang MNC Bank dan outlet-outlet merchant Flazz Top Up tunai yang tersebar di Indonesia.

Penggunaan uang elektronik tersebut perlu didukung oleh infrastruktur pengisian ulang kartu yang cepat dan mudah, sehingga nasabah atau pengguna kartu dapat meraskaan manfaatnya secara langsung. Oleh sebab itu, MNC Bank bekerja sama dengan Rintis sebagai pengelola Jaringan PRIMA yang akan membantu pengembangan sarana isi ulang bagi bank yang melakukan kerja sama uang elektronik Flazz. Dengan pengembangan infrastruktur tersebut, para pengguna kartu Flazz dapat melakukan isi ulang di jaringan MNC Bank.

Presiden Direktur PT Rintis Sejahtera Iwan Setiawan mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini merupakan strategi bagi seluruh pihak, terutama Rintis sebagai perusahaan switching local/ prinsipal untuk mendukung kebijakan Bank Indonesia, dalam pengembangan sistem pembayaran yang efisien melalui transaksi uang elektronik.

“Sebagai penyedia infrastruktur, kami berkomitmen penuh untuk menyediakan jaringan yang handal dan terpercaya, demi kemudahan nasabah dalam bertransaksi dan melakukan top up/ pengisian ulang uang elektronik", unjarnya.

Kolaborasi ini diharapkan tak hanya memberikan manfaat bagi nasabah MNC Bank maupun BCA, tetapi juga dapat menjadi bukti komitmen BCA dan MNC Bank dalam mendukung program pemerintah yang telah dicanangkan melalui Bank Indonesia dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai.

“Dengan menggunakan Flazz, nasabah MNC Bank dapat melakukan transaksi pembayaran dengan lebih praktis, efisien, dan aman. Selain itu, dengan kartu MNC Flazz, nasabah dapat bertransaksi di seluruh merchant Flazz dan diikutsertakan dalam beragam program dan penawaran menarik yang diselenggarakan oleh Flazz,” tutup Jahja. (Adv)

BCA Senantiasa di Sisi Anda
(Berita BCA)
BCA Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Editor: Advertorial
MOST READ
© 2014 PT Bank Central Asia Tbk dan Tribunnews.com
Atas
// START Nielsen Online SiteCensus V6.0 // COPYRIGHT 2010 Nielsen Online ?>