Sabtu, 29 November 2014
Tribunnews.com

BMT Center Salurkan Pembiayaan Rp 3 Triliun

Selasa, 20 April 2010 15:25 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) atau baitul maal wattamwil (BMT) saat ini telah membiayai 3 juta pengusaha mikro dan super mikro di seluruh Indonesia dari 3.900 LKMS. Jumlah pembiayaan yang disalurkan BMT telah mencapai Rp 3 triliun.

CEO PT Permodalan BMT Venture Saat Suharto mengatakan, para nasabah BMT adalah pengusaha yang selama ini dianggap tidak layak memperoleh pembiayaan dari bank (unbankable), namun ternyata mereka mampu berkembang dan mengembalikan pinjaman tepat waktu.

Untuk mendukung usaha tersebut BMT Center, sebuah asosiasi yang menghimpun BMT berdiri pada 14 Juni 2005, telah mendirikan permodalan BMT Ventura melakukan penguatan terhadap BMT dari sisi permodalan.

"Sedangkan untuk meningkatkan performa kinerja BMT dari sisi SDM, BMT Center mendorong terwujudnya BMT Institute," kata Saat kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/4/2010).

Hingga kini total aset yang dimiliki LKMS diperkirakan mencapai Rp 3 triliun dengan rasio pembiayaan terhadap simpanan (financing to deposit ratio-FDR) hingga 100 persen.

"Menurut estimasi dana masyarakat yang dihimpun BMT sebesar Rp 2,2 triliun. Sebagian besar dari BMT memiliki pembiayaan bermasalah NPL non persen," ujar Saat.(*)
Editor: Juang Naibaho

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas