• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribunnews.com

Investasi di Jepang Bisa Pindah ke Indonesia

Senin, 14 Maret 2011 23:59 WIB
Investasi di Jepang Bisa Pindah ke Indonesia
IST
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kerusakan pabrik-pabrik elektronik di Jepang akibat tsunami dan gempa hebat pekan lalu belum menyebabkan harga barang-barang elektronik terpengaruh.

Hikmahnya, investasi di Jepang bisa dipindah ke negara lain termasuk Indonesia. Ketua Umum Federasi Gabungan Elektronik (Gabel), Rachmat Gobel mengatakan hingga saat ini pihaknya belum bisa memprediksi bisnis barang-barang elektronika pascabencana tersebut.

"Sampai sekarang belum berpengaruh, karena barang-barang elektronik yang diimpor sudah sedikit. Kebanyakan adalah lokal konten," kata Rachmat di Cengkareng,Banten (14/3).

Dia menyebutkan, sejumlah pabrik utama merk elektronik yang banyak dipasar Indonesia memang hancur akibat tersapu air bah dan gempa. Namun mayoritas merek tersebut juga sudah diproduksi di Indonesia.

"Kecuali bahan baku khusus yang dibuat di Jepang, ada beberapa komponen yang memang khusus diimpor dari Jepang, tetapi itu sangat sedikit," tandasnya.

Untuk memproduksinya, jelas Rachmat, para pengusaha di Jepang pun bisa memindahkan pabriknya di mana saja. Hal ini karena perusahaan di Jepang tersebut rata-rata adalah perusahaan multinasional yang memiliki pabrik di seluruh Indonesia.

"Hikmahnya adalah, mereka bisa saja memindahkan produksinya sementara ke Indonesia atau ke negara lainnya. Kalau banyak inputnya, kita bisa mengembangkan itu," tandasnya.

Untuk produksi merk-merk Panasonic, Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) tersebut menyatakan tidak bermasalah. Menurutnya, pabrik milik Panasonic Inc berada di kawasan Jepang bagian barat sehingga tidak terkena imbas dari tsunami yang sangat merusak tersebut.

Hal ini berbeda dengan beberapa pabrik merek lainnya yang berpusat di Jepang bagian timur yang mengalami kerusakan parah tersapu air.

Menurutnya, hal pertama yang harusnya dilakukan adalah dengan memberikan pertolongan bagi masyarakat Jepang. Karena negeri itu selalu menjadi negara pertama yang memberikan bantuan saat bencanamelanda Indonesia. (*)
Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Iwan Apriansyah
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
95849 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • marsyad-Rabu, 16 Maret 2011 Laporkan
    bagus,klau mau dipindahkn.mudah-mudahan indonesia dan japan bekerja sma dlam bisnis tsb.dan berjalan dgan baik.dan iandonesia bisa menjadi negara maju.AMIN
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas