• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 17 April 2014
Tribunnews.com

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Bagi Indonesia

Minggu, 12 Juni 2011 18:23 WIB
Pentingnya  Pembangunan Infrastruktur Bagi  Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Dalam pembahasan hari pertama Forum Ekonomi Dunia (WEF) Asia Timur, Minggu (12/06/.2011) sejumlah peserta dan panelis yang terdiri dari para pemuka industri dan bisnis terkemuka dunia menekankan pentingnya Indonesia membangun landasan ekonomi yang lebih baik dalam bentuk proyek infrstruktur.

Pada kesempatan yang sama CEO Unilever Paul Polman mengutarakan , setiap pertumbuhan ekonomi akan diikuti dengan pertambahan permintaan terhadap berbagai produk dan jasa dan karena itu setiap bagian pertumbuhan harus pula disisihkan untuk membangun infastruktur,

Indonesia yang sebagian pendapatan masyarakatnya berasal dari sektor pertanian, menurut Polman, menjadi makin tergantung pada infrastruktur agar dapat mempercepat jalur distribusinya.

"Bukan cuma bikin jalan atau jembatan, tetapi juga gudang, tempat penyimpanan di pelabuhan, dan seterusnya," Polman memberi contoh.
Infrastruktur sudah lama menjadi persoalan di Indonesia karena masalah pendanaan yang sangat terbatas, dimana partisipasi swasta yang diharapkan pemerintah belum memenuhi harapan.

Saat menjelaskan tentang target proyek infrastruktur tahun lalu, pemerintah Indonesia mengatakan butuh Rp1500 Triliun hingga tahun 2014, untuk membangun berbagai sarana guna menjawab kebutuhan pertumbuhan ekonomi, sekaligus mendorong potensi pertumbuhan baru.

Diantara proyek yang diprioritaskan adalah pembukaan jalur jalan dan tol baru di Jawa dan Sumatra, pembangunan pembangkit listrik baru terutama di Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan, serta sejumlah proyek pelabuhan dan bandar udara.
Hanya sepertiga dari kebutuhan itu yang bisa disediakan pemerintah sementara Rp 1000 triliiun harus disedikan oleh sektor swasta atau dari investor asing.

Penulis: Budi Prasetyo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
126899 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas