• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Inilah Enam Masalah UKM di Tiap Negara

Senin, 11 Juli 2011 18:48 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu mengungkapkan terdapat enam masalah yang dihadapi semua UKM.

Masalah UKM ini, bukan saja terjadi di Indonesia saja, tetapi juga seluruh negara yang tergabung dalam APEC, tidak terkecuali di Amerika sendiri.

Mari Elka menyebutkan semua UKM baik di Amerika maupun Indonesia dan negara-negara APEC lain, dalam menghadapi globalisasi dan meningkatkan daya saing sebetulnya masalahnya kurang lebih sama. Tidak terlalu berbeda antara tiap negara.

Pertama, imbuhnya, bagaimana akses informasi dan pemahaman mengenai pasar. Kedua, bagaimana memahami kesempatan untuk akses pasar, termasuk dengan negara-negara FTA dengan Indonesia.

"Pemahaman dari UKM bagaimana mengisi formulir, bagaimana dia bisa masuk mendapatkan biaya masuk rendah dan tidak hanya di Indonesia saja, itu pemahamannya masih rendah," urainya, saat temui di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (11/7/2011).

Ketiga, tegasnya masalah permodalan, yang menjadi masalah klasik. "Bukan saja di dunia perbankan tetapi juga dana bergulir dan seterusnya," sebutnya.

Keempat, masalah enterpernership, kewirausahaan. Kelima, bagaimana pertentangan, ketika UKM mendapat order besar. "Ketika UKM mengalami kesulitan melayani, antara melayani dalam skala besar memerlukan peran dari sebuah pengumpul. Pengumpul ini bisa trading house bisa juga asosiasi-asosiasi," ujarnya.

Keenam, masalah kemudahan-kemudahan dan mengurangi biaya-biaya yang terkait dengan perijinan dan beroperasinya suatau UKM. Semua masalah itu, menurut Mari Elka, menjadi masalah bersama di dunia UKM pada seluruh negara di dunia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Prawira Maulana
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas