• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribunnews.com

Menkeu: Sensus Pajak Tingkatkan 1,5 juta Tambahan WP

Jumat, 30 September 2011 19:59 WIB
Menkeu: Sensus Pajak Tingkatkan 1,5 juta Tambahan WP
TRIBUNNEWS.COM/YULIS
Aktifitas di Kantor Pajak

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah berharap melalui Sensus Pajak Nasional yang dimulai, Jumat (30/9/2011), dapat terjaring sebanyak 1,5 juta tambahan wajib pajak (WP) dari seluruh wilayah di Indonesia.
 
“Saya minta dukungan bahwa kita di seluruh Indonesia saat ini sedang menyelenggarakan sensus pajak nasional. Yang ingin kita capai adalah 1,5 juta tambahan WP,” ucap Menteri Keuangan Agus Martowardojo, di Jakarta, Jumat (30/9/2011).
 
Dia melanjutkan bahwa sekarang ini WP yang membayar pajak masih terbatas sekali. Ini terlihat bahwa dari sisi perusahaan atau badan usaha yang membayar pajak  baru sekitar tiga persen.

Sedangkan atas nama pribadi yang melakukan kewajiban pajak dengan membayar pajak baru sekitar 7 persen.
 
“Idealnya ini harus meningkat. Jadi kita harapkan pada akhir tahun 2011 ada tambahan WP 1,5 juta. Ini yang akan lakukan di seluruh 300 kantor di seluruh Indonesia melakukan sensus pajak,” tegasnya.
 
Lebih lanjut, Agus Marto mengungkapkan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia sebagai Wajib Pajak (WP) masih rendah.
 
“Fakta menunjukkan bahwa tingkat kepatusan masyarakat wajib pajak (WP) memenuhi kewajiban masih rendah,” ungkap Agus.
 
Fakta itu menurutnya bisa dilihat dari jumlah WP yang menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Orang Pribadi yang hanya 8,5 juta WP dari yang aktif (seharusnya) kerja tercatat 110 juta orang. Dengan demikian rasio SPT tercatat hanya 7,7 persen atau dengan kata lain tingkat kepatuhan wajib pajak masih belum memadai.
 
“Yang serahkan SPT orang pribadi 8,5 juta WP, padahal yang aktif kerja ada 110 juta rakyat. Itu artinya rasio SPT aktif 7,7 persen, memang tingkat kepatuhan WP kita masih belum memamdai bahwa kan kalau di Negara lain, (misalnya) Jepang bisa sampai 50 persen jumlah penduduknya bayar pajak aktif,” ulas Agus.
 
Lebih lanjtu, di Indonesia WP badan usaha yang menyerahkan SPT Tahunan hanya 466 ribu badan usaha. Sedangkan jumlah badan usaha yang tercatat WP adalah 12 juta lebih. Itu artinya WP badan hanya 3,6 persen dari badan yang memenuhi kewajibannya.
 
Lanjutnya, bahwa pemerimaan perpajakan tahun ini akan sesuai dengan APBN-P  2011 adalah Rp 878 triliun. Dan penerimaan Negara dari pajak ini adalah 75 persen dari total penerimaan negara Rp1.163 triliun, Penerimaan sektor pajak itu masih rendah, bila dilihat fakta yang sebenarnya wajib membayarkan kewajiban pajaknya.
 
Karenanya, Agus mengatakan semoga dengan dilakukannya sensus pajak yangh dimulai hari ini, banyak WP yang berhasil digalang, sehingga penerimaan Negara dari pajak pun bisa mengalami peningkatan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yulis Sulistyawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
166746 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas