• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Harga Jual Getah Karet Turun

Kamis, 10 November 2011 18:59 WIB
Harga Jual Getah Karet Turun
karyamakmursejati.cc.cc
Perkebunan karet

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan mengungkapkan terjadi penurunan harga jual getah Karet di daerah hilir Labuhan Batu, Sumatera Utara (Sumut). Demikian dirilis Bappebti, Analisis Perkembangan Harga, Kamis (10/11/2011).

Karena itu, harga jual getah karet berada pada harga Rp 13.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 15.000 per kilogram.

Sementara itu, volume ekspor karet Sumatera Selatan, rata-rata berda dikisaran antara 65.000 - 70.000 ton per bulan.

Sedangkan, nilai ekspor Karet pada periode Januari-Agustus 2011 tercatat menghasilkan devisa 2,787 miliar dolar AS, atau naik dibandingkan kondisi periode bulan yang sama pada 2010 hanya 1,510 miliar dolar AS.

Sementara, wilayah penanaman Karet mencapai satu juta hektar tersebar pada sejumlah daerah penghasil, seperti di Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Timur, Lahat, Pagaralam, Ogan Komering Ilir dan termasuk di wilayah Kota Prabumulih.

Catatan Bappebti , harga Karet berjangka kembali mengalami penurunan. Harga Karet berjangka yang diperdagangkan di TOCOM (Tokyo Commodity Exchange) ditutup melemah. Harga Karet RSS3 untuk penyerahan November 2011 ditutup pada level harga ¥264 per kilogram dari harga sebelumnya ¥273 per kilogram.

Melemahnya harga Karet dipengaruhi oleh turunnya harga minyak mentah dunia. Selain itu bertambahnya pasokan Karet asal India juga mempengaruhi pergerakan harga Karet dunia.

India, merupakan produsen keempat terbesar di dunia setelah Thailand, Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Produksi India naik 8,4 persen pada Oktober 2011 menjadi 89 300 ton. Saat ini di wilayah India tengah mEmasuki musim penyadapan Karet.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Yulis Sulistyawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
181437 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas