Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Pemerintah Pilih Karawang untuk Bandara Baru

Minggu, 20 November 2011 13:40 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akhirnya memilih Karawang sebagai lokasi bakal dibangunnya bandara terbaru pada masa depan. Saat ini, pembangunan bandara baru itu masih dalam studi, namun tidak akan berlawanan dengan rencana Pemda Jawa Barat yang juga akan membangun bandara di Kertajati, Subang.

"Saat ini kita masih dalam studi, finalnya awal tahun depan barapa dana yang dibutuhkan. Tetapi lokasinya telah dipilih yaitu Karawang, yang Cikarang tidak jadi," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Disebutkan, bandara Karawang tersebut akan dibangun sebagai jawaban atas stagnannya layanan bandara lama yaitu Soekarno Hatta, Cengkareng, karena telah kelebihan kapasitas.

"Kalau di bandara Soekarno Hatta kan ada dua runway, nah nanti di Karawang adalah runway ke tiga dan selanjutnya. Karawang nantinya akan dijadikan bandara aerotropolis (bandara dalam kota)," ujarnya.

Kapan, bandara baru tersebut dibuat? Herry menyatakan tergantung dari studinya. Diperkirakan pada 2015, bandara tersebut sudah sangat dibutuhkan, karena bandara Soekarno Hatta hanya bisa mengembangkan terminal yang dilalui penumpang, namun tidak bisa mengembangkan runway untuk pesawat yang berlalu-lalang tersebut. (*)

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Harismanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas