Selasa, 23 Desember 2014
Tribunnews.com

BTN Nego Subsidi Bunga KPR dengan Pemerintah

Rabu, 8 Februari 2012 14:56 WIB

BTN Nego Subsidi Bunga KPR dengan Pemerintah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk menemukan kesepakatan kredit suku bunga cicilan rumah, Bank Tabungan Negara (BTN) masih melakukan negosiasi dengan pemerintah. Bank BUMN tersebut memberi opsi kepada Pemerintah untuk memberikan subsidi sebanyak 60:40 dengan BTN.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama BTN, Iqbal Latanro di Komisi XI, DPR, Rabu (8/2/2012). Pada awalnya BTN menawarkan bunga kredit sebesar 7,22 persen. Jika DPR ambil opsi dari BTN, maka bunga yang dihasilkan nantinya sebesar 7,75 persen dengan bantuan subsidi dari DPR. "Kalau opsi yang kita berikan diambil, artinya 60 persen bunga ditanggung pemerintah dan 40 persen BTN," ujar Iqbal.

Pemerintah sendiri keberatan dengan opsi yang diberikan BTN. Dalam hal ini Pemerintah mengajukan opsi 50:50 antara BTN dengan Pemerintah.

"Kementerian Negara Perumahan Rakyat menginginkan bunga KPR antara 5 persen sampai 6 persen. Skema pembiayaan 50:50. Bunga yang diberikan BTN saja masih lebih tinggi dari bank-bank BUMN lain," ujar Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Aziz.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas