• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribunnews.com

Mobil Murah Dipasarkan Akhir Tahun

Sabtu, 3 Maret 2012 06:00 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda yang tengah mencari mobil murah. Namun masih perlu bersabar. Sebab mobil murah di bawah harga Rp 100 juta baru akan dipasarkan di Indonesia mulai akhir tahun 2012 ini.

"Mulai dipasarkan akhir tahun 2012. Di pasar nanti range-nya 500 ribu (unit). Kalau harganya di bawah 10.000 dollar AS atau di bawah Rp 100 juta," ungkap Menteri Perindustrian MS Hidayat, Jumat (2/3).

Menurut MS Hidayat, sudah ada empat produsen mobil di Indonesia yang bersedia untuk memproduksi mobil tersebut. Di antaranya adalah Toyota, Daihatsu, dan Honda. "Mereka (empat produsen) menyediakan dana 1,8 miliar dollar AS dan akhir tahun ini akan masuk ke Indonesia dan dia akan menyerap banyak tenaga kerja, baik di industri komponen maupun perakitannya," tuturnya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif cukai kepada produsen mobil ramah lingkungan (low cost green car). "Pemerintah memutuskan pemberian insentif berupa keringanan cukai bagi produsen otomotif yang dapat membuat kendaraan atau produk-produk low cost green car yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar dan murah," kata Hatta.

Tujuannya, kata Hatta tidak lain untuk mendorong penggunaan kendaraan industri dalam negeri. "Kita tadi sudah sepakat dengan Menteri Keuangan, untuk menyikapinya dengan cukai, sehingga dapat mendorong penggunaan kendaraan low cost green car di industri-industri dalam negeri," kata Hatta.

Seperti diketahui program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car) merupakan program kementerian perindustrian. Kabarnya mobil ini akan meluncur tahun depan bekerjasama dengan Daihatsu sebagai prinsipal. Komponen dan desain dari mobil yang kabarnya memiliki kapasitas 1200 cc ini dibuat oleh orang Indonesia.

Kementerian perindustrian juga punya program mobil untuk masyarakat pedesaan yang dibandrol di bawah Rp 50 juta dengan kapasitas 700 cc. Merek mobil GEA besuan PT INKA menjadi penyuplai program mobil ini. Targetnya, tahun 2014 sudah bisa diproduksi massal. (tribunnews/ugi)

Editor: Prawira Maulana
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
319631 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • jimmy-Senin, 7 Mei 2012 Laporkan
    mobil murah kok, berbarengan dg gencarnya anak2 bangsa (SMK) yg sedang menggolkan mobil ciptaannya ke pasar.ada apa pula ini...??
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas