• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribunnews.com

Turis Malaysia Royal Belanja di Pasar Baru Bandung

Rabu, 14 Maret 2012 02:10 WIB
Turis Malaysia Royal Belanja di Pasar Baru Bandung
net
Suasana di Pasar Baru Bandung

Laporan Wartawan Tribun Jabar

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia, bisa menghabiskan waktu sehari penuh untuk belanja dan berkali-kali datang ke Pasar Baru. Rata-rata seorang turis Malaysia menghabiskan uangnya antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

"Kalau wisatawan domestik, minimal tiga sampai empat jam di Pasar Baru. Tapi kalau wisatawan dari Malaysia, bisa satu hari penuh dan bisa berulang kali datang ke Pasar Baru. Mereka banyak membeli garmen, seperti kain baju dan perlengkapan salat," kata Direktur Nawang Tours and Travel, Joseph Sugeng Irianto, Senin (12/3/2012) sore.

Joseph mengatakan, pihaknya memang mengagendakan secara khusus tujuan ke Pasar Baru, baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari Malaysia. Pada umumnya, wisatawan mancanegara lebih banyak menghabiskan uang di Pasar Baru.

"Setiap bulan rata-rata ada 100 turis asing dan domestik yang ke Pasar Baru. Itu seakan-akan menjadi kewajiban, khususnya yang dari Malaysia. Tapi Malaysia Melayu. Kalau yang Chinese biasanya ke factory outlet. Pasar Baru menjadi daya tarik karena harganya yang relatif lebih murah," kata Joseph, yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi Asita (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies) Jabar.

Namun, menurut Joseph, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal infrastruktur dan pelayanan terhadap wisatawan, seperti lahan parkir, tempat turun (drop off), jalan yang padat, dan pencopetan.

Pada November tahun lalu, misalnya, turis Malaysia ada yang kecopetan uang senilai Rp 28 juta.
"Saran saya, ya dipasang CCTV di hampir setiap sudut," ujarnya.

Area drop off juga dinilai terlalu sempit dan padat. Dia khawatir, saat wisatawan turun dari bus bisa ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain.

Seperti diberitakan Tribun, perputaran uang di Pasar Baru, Bandung, saat ini minimal Rp 8 miliar per hari. Angka ini bisa mencapai Rp 15 miliar per hari pada saat momen-momen tertentu, misalnya menjelang Lebaran.

Angka perputaran uang ini didapat dari penjualan eceran dan grosir, khususnya busana muslim dan perlengkapannya.

Senior Supervisor Retail Pasar Baru, Hein Adolf Wuwungan, mengatakan, perputaran uang ini sebagian besar didapat dari penjualan busana muslim dan perlengkapannya. Sebanyak 60 persen dari sekitar 3.500 pedagang merupakan pedagang penjual dua komoditas ini.

Editor: Anwar Sadat Guna
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
351052 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas