• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribunnews.com

Smesco Kembangkan UKM Gallery

Minggu, 18 Maret 2012 18:07 WIB
Smesco Kembangkan UKM Gallery
Ist
Salah satu produk kerajinan UKM yang ada di Smesco.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pelayanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) atau yang lebih dikenal dengan Smesco membangun Usaha Kecil Menengah (UKM) Gallery juga Pavilliun Provinsi di SME Tower, Jakarta.

Direktur Utama LLP-KUKM, Yuana Sutyowati menyatakan, UKM Gallery didirikan untuk mengapresiasi produk unggulan anak bangsa yang bernuansa etnis kedaerahan.

Sampai akhir tahun lalu, gallery ini melayani 1.133 UKM di 31 provinsi dengan 8.000 perajin terakomodir dalam 40 jenis produk. Sementara paviliun provinsi dibangun sebagai bentuk kepedulian pemerintah provinsi bekerjasama dengan SMESCO untuk mengangkat produk nasional khas kedaerahan.

"Dengan langkah seperti ini kita harapkan karya anak bangsa akan makin dikenal dan bisa diterima di pasar global dan menjadi raja di negeri sendiri. Smesco akan menjadi rumah bagi produk unggulan karya anak negeri yang beretnis kedaerahan," ungkap Yuana saat peringatan HUT Smesco ke-5 di Jakarta, Minggu (18/3/2012).

Disinggung mengenai omset transaksi yang dilakukan, Yuyun menyatakan dalam setahun, Smesco mampu membukukan omset penjualan hingga mencapai Rp 2 miliar yang semuanya berasal dari barang-barang tradisional yang dibuat KUKM yang berada di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Setelah lima tahun ini, Smesco masuk dalam sebuah fase baru yakni menjadi lembaga yang mampu memperluas jaringan melalui ekspor ke negara Asean, Eropa dan Afrika.

"Untuk mencapai ini kita menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa asosiasi atau delegasi dagang, sehingga bisa meningkatkan akses pasar global," ungkapnya.

Sementara itu menyambut peringatan HUT ke-5, Smesco menggelar kegiatan sosial Smesco Berbagi yang melibatkan masyarakat.

"Ini sekaligus strategi promosi untuk below the line yang kita isi dengan fun bike, lomba shuffle, lomba mewarnai bertema batik, donor darah, pemeriksaan kesehatan, donor darah serta bazar multi produk," papar Yuyun.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
364012 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas