• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribunnews.com

BI Beri Referensi Ekonomi Sumut

Jumat, 27 April 2012 21:34 WIB
BI Beri Referensi Ekonomi Sumut
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Gedung Pusat Bank Indonesia

Laporan Wartawan Tribun Medan, Adol Frian Rumaijuk

TRIBUNNEWS.COM, PEMATANGSIANTAR – Bank Indonesia bekerjasama dengan SEM Institute melakukan penelitian komoditas/produk/jenis usaha unggulan (KPJU) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2011 tersebut mengambil 10 kabupaten/kota menjadi tempat penelitian.

Seperti disampaikan dalam 'Diseminasi Hasil Penelitian KPJU Unggulan UMKM 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara' pada tanggal 25 April 2012 di Ruang Aula, Lantai 5 Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar.

Hasil menyajikan informasi produk unggulan di Kabupaten Tanah Karo, Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labuhan Batu, Mandailing Natal, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Kota Binjai, Tebing Tinggi.

"Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara, menyambut baik upaya Bank Indonesia dalam memberikan referensi pembangunan ekonomi daerah khususnya pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM melalui penelitian Komoditas/Produk/Jenis usaha UMKM Unggulan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, mewakili pemerintah daerah provinsi yang disampaikan Kabag Pembangunan Ekonomi Daerah, Bobbi Darmansyah SH.

Dia mengharapkan menjadi referensi startegis pemerintah provinsi untuk menentukan komoditi prioritas.

Kegiatan deseminasi diikuti Kantor Perwakilan Bank Indonesia IX Sumut dan AcehKantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar dan Sibolga, para Pejabat Dinas dan Badan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 10 (sepuluh) Kabupaten Kota yang di survey serta Pemerintah Daerah di Sumatera Utara, Direksi dan Pimpinan Perbankan Sumatera Utara dan pelaku usaha.

Penelitian yang sama juga telah idslakukan pada tahun 2010, namun masih meliputi tiga kabupaten kota, yaitu Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang. Untuk mendapat hasil penelitian tersebut, bisa mengunduh di www.bi.go.id/web/id/umkmbi.

"Informasi ini, bisa menjadi acuan bagi pelaku UMKM sebelum menentukan komoditi yang akan dikembangkan," kata Kepala Perwakilan BI Wilayah IX Sumut dan Aceh, Nasser Atorf.

Kepala Divisi Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut & Aceh, Mikael Budisatrio dan narasumber berasal dari SEM Institute Jakarta Kareba Wijaya Kusuma selaku direktur SEM dan Dimas Jaryo Pamungkas selaku PMPO SEM.

Editor: alfons nedabang
Sumber: Tribun Medan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
481171 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas