Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Bandara Karawang Paling Cepat Dibangun 2015

Jumat, 4 Mei 2012 13:54 WIB

Bandara Karawang Paling Cepat Dibangun 2015
Yogi Gustaman/Tribunnews.com
Jamaah umrah menunggu di ruang tunggu terminal D3 Bandar Udara Soekarno-Hatta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana pembangunan bandara di Karawang, Jawa Barat, tidak akan dibatalkan apabila PT Angkasa Pura II tetap mambangun runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti Singayudha Gumay mengatakan, studi bandara di Karawang telah selesai dilakukan.

"Yang akan dilakukan adalah studi tambahan untuk lingkungan, kalau tahun ini diputuskan oleh pemerintah, maka ground breakingnya akan dilakukan pada 2015 nanti," kata Herry Bakti di gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (4/5/2012).

Menurutnya, rencana pembangunan runway 3 Soekarno Hatta tetap tidak bisa menjawab pertumbuhan penumpang pesawat pada masa mendatang. Dengan adanya, runway 3, jelasnya, Soekarno Hatta hanya bisa menampung 70 juta penumpang.

"Tahun lalu saja, yang melewati Bandara Soetta telah melebihi 50 juta penumpang. Dengan pertumbuhan yang ada saat ini,  dalam beberapa tahun lagi diperkirakan sudah melebihi 70 juta, jadi harus ada bandara lain," ujarnya.

Menurutnya, bandara di Karawang bisa dijadikan bandara dalam kota atau aerotropolis. Pemerintah merencanakan pembangunan bandara dengan luas 3 km x 3 km. "Siapa yang membangun nantinya akan kita tawarkan ke pihak perusahaan swasta atau BUMN," jelasnya.

Berapa nilai investasinya, Herry Bakti mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum membicarakan angkanya.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Willy Widianto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas