• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribunnews.com

Lion Air Ekspansi ke Terminal 3 Soetta

Rabu, 23 Mei 2012 19:53 WIB
Lion Air Ekspansi ke Terminal 3 Soetta
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Lion Air

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Untuk meningkatkan layanan kepada penumpang setianya, PT Mentari Airlines, operator maskapai Lion Air dipastikan akan memindahkan sebagian operasional penerbangannya ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng.

Selama ini Lion Air beroperasi dari Terminal IA dan IB, dengan demikian maskapai low cost carrier tersebut akan beroperasi dari tiga terminal di Bandara Soekarno Hatta. "Rencananya sebagian penerbangan rute domestik akan kami pindahkan ke Terminal 3," ujar Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air, kepada Tribun Jakarta, Selasa (23/5/2012).

Edward menjelaskan, perpindahan sebagian penerbangan tersebut disebabkan adanya permintaan dari penumpang Lion Air. Sementara, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pemilik sarana bandara akhirnya mengizinkan Lion Air menempati Terminal 3.

"Jadi, kami akan menempati tiga terminal dalam waktu dekat," katanya. Namun, Edward enggan menjelaskan kapan Lion Air akan mulai beroperasi dari terminal yang memiliki konsep Eco Terminal tersebut.

Kabarnya, Lion Air akan beroperasi dari Terminal 3 pada 30 Mei mendatang. Sejumlah rute yang akan dilayani dari Terminal 3 yaitu Jakarta menuju Denpasar, Bima, Tambolaka, Maumere, Ende, dan Labuan Bajo.

Tri Sunoko, Direktur Utama Angkasa Pura II, menuturkan Lion Air memang dipastikan akan segera menempati Terminal 3 dalam waktu dekat. Hal itu dilakukan sebagai upaya Angkasa Pura II untuk redistribusi penumpang dari Terminal IA dan IB yang sudah semakin padat.

"Meskipun menambah terminal, tapi Lion tidak menambah frekuensi. Salah satu rute yang akan dilayani Lion dari Terminal 3 yaitu rute Denpasar," katanya.

Saat ini Terminal 3 digunakan untuk seluruh penerbangan domestik dan internasional PT Indonesia AirAsia dan Mandala Airlines. Selain dua maskapai tersebut, rencananya Pacific Royale Indonesia juga dipastikan akan beroperasi di Terminal 3 begitu Air Operator Certificate (AOC) maskapai yang mengusung full service tersebut diterbitkan Kementerian Perhubungan.

Data dari Angkasa Pura II menunjukkan sepanjang 2011 total pergerakan penumpang di Terminal 3 sebanyak 1,05 juta penumpang, turun 44,73 persen dibandingkan total pergerakan penumpang 2010 sebanyak 1,9 juta.

Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
555951 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas