Jumat, 30 Januari 2015
Tribunnews.com

Asahimas Ancang-ancang Naikan Harga Kaca Otomotif

Senin, 25 Juni 2012 10:12 WIB

Asahimas Ancang-ancang Naikan Harga Kaca Otomotif
net
ilustrasi

JAKARTA. PT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG) berencana meningkatkan kapasitas produksi kaca otomotif dan menaikkan harga jual produknya. Langkah tersebut diterapkan guna menghadapi tantangan pasar di tahun naga.

Produsen kaca lembaran dan kaca otomotif ini akan menambah kapasitas produksi untuk kaca otomotif sebanyak 850 ribu meter persegi per tahun atau bisa digunakan untuk 200 ribu unit mobil. Rusli Pranadi, Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan mengatakan, saat ini kapasitas produksi kaca otomotif perseroan mencapai 3,4 juta meter persegi atau bisa digunakan untuk 800 ribu unit mobil.

Menurut Rusli, upaya penambahan kapasitas ini merupakan rencana perseroan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan kaca otomotif dalam negeri. "Permintaan mobil dalam negeri dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Melihat peluang itu kami lakukan penambahan kapasitas produksi," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Jumat (22/6).

Untuk merealisasikan rencana itu, perseroan telah menyiapkan dana belanja modal sebesar US$ 12 juta dollar. Sekadar tahu saja, tahun ini perseroan menganggarkan total belanja modal alias capex sebesar US$ 25 juta. Dana tersebut, selain untuk meningkatkan produksi kaca otomotif, akan digunakan untuk membeli tanah.

"Rencananya kami akan membeli lahan di Cikampek sebagai persiapan ekspansi di tahun mendatang," kata Rusli. Sayang, Rusli belum mau membeberkan secara detail soal luas lahan yang akan dibeli dan berapa dana yang akan dikeluarkan untuk pembelian lahan itu.

Rusli mengatakan, tahun ini pihaknya akan lebih fokus menggarap pasar dalam negeri. "Efek krisis eropa secara tidak langsung memberi dampak pada penjualan ekspor kami," katanya.

Saat ini kontribusi ekspor dan lokal terhadap total penjualan masing-masing 40% dan 60%. Rusli memperkirakan kontribusi lokal akan meningkat sejalan dengan rencana perusahaan untuk fokus menggarap pasar dalam negeri.

Halaman123
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kontan
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas