Minggu, 21 Desember 2014
Tribunnews.com

Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan 3,7 Juta KL BBM Subsidi

Jumat, 13 Juli 2012 19:07 WIB

Mudik Lebaran, Pertamina Siapkan 3,7 Juta KL BBM Subsidi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- PT Pertamina (Persero) menyiapkan sebanyak 3,7 juta kiloliter (kl) Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi selama bulan Puasa dan Lebaran tahun ini. Langkah ini diambil Pertamina untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan konsumsi BBM bersubsidi.
 
VP Corporate Comunication PT Pertamina Ali Mundakir di kantor Pusat pertamina menyebutkan, umumnya terjadi kenaikan konsumsi BBM subsidi sebanyak 10 persen saat menghadapi puasa dan lebaran. Perinciannya, 2,3-2.4 juta kilo liter (kl) premium dan 1,3-1,4 juta kl solar.

"Jadi average premium sudah 13 juta kl, dibagi 6 bulan itu berarti 2,1 juta tiap bulan. Untuk puasa dan lebaran akan naik 10 persen jadi 2,4 juta kl," ungkap Ali Mundakir di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (13/7/2012).

Selain itu, menurut keterangan Ali, Pertamina juga akan menyiagakan sekitar 60 mobil tangki di 60 titik sepanjang jalur Pantura pada H-4 dan H-7 lebaran.

Dengan begitu secara otomatis Pertamina juga akan menambah pasokan BBM di jalur utama padat mudik tersebut. "Kita siapkan 60 titik sehingga bisa gerak cepat, suplai kita atur pada saat puncak arus mudik," terangnya.

Pertamina juga akan menyiapkan mobil-mobil tangki di titik-titik yang krusial dan kerap terjadi kemacetan saat menjelang lebaran tiba. Misalnya, jalur Cikampek dan pantura, yang menjadi jalur padat saat menjelang lebaran tiba nantinya.

Namun, mobil tangki tersebut akan disiapkan untuk BBM non subsidi. "Tangki itu mencegah yang tidak bisa jalan karena kemacetan. H-7 sudah antisipasi," lanjutnya.

Ali memperkirakan adanya puncak konsumsi BBM sejak H-4 lebaran dan H+7 lebaran karena di waktu itu banyaknya masyarakat yang melakukan tradisi mudik atau pulang kampung. "Kita perkirakan puncaknya H-4 dan h+7 jadi kita sudah siapkan mobil-mobil tangki tersebut," pungkasnya.  (*)

BACA JUGA:


Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sugiyarto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas