• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

1.300 Pegawai BI Bakal Migrasi ke OJK

Senin, 16 Juli 2012 13:42 WIB
1.300 Pegawai BI Bakal Migrasi ke OJK

Laporan Wartawan Surya, Dwi Pramesti

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sekitar 1.300 orang pegawai Bank Indonesia (BI) siap bermigrasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Migrasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. "Namun pada masa transisi seperti sekarang ini mereka tetap di BI," kata Deputi Gubernur BI Ardhayadi Mitroatmodjo  di sela peresmian Eks Museum Mpu Tantular menjadi Perpustakaan Bank Indonesia, Minggu (15/7/2012).

Ribuan pegawai BI tersebut statusnya adalah penugasan selama dua tahun di OJK (bukan tiga tahun seperti yang diberitakan selama ini) dengan sistem penggajian yang disesuaikan dengan jabatan barunya, jadi tidak selalu lebih besar atau lebih kecil seperti pada saat di BI. "Setelah dua tahun mereka bisa menentukan opsi apakah akan kembali ke BI atau ke OJK," lanjutnya.

Sejauh ini, kata Ardhayadi, migrasi tersebut berlangsung lancar dari seluruh level, termasuk level pendukungnya. Sebagai contoh, manajemen SDM, administrasi, dan protokoler. “Tentunya akan ada penyesuaian, tapi kalau ada komitmen pasti akan lancar,” ujar dia.

Sedangkan untuk divisi di luar perbankan, yaitu moneter dan sistem pembayaran, struktur yang tengah disiapkan adalah pengawasan terhadap industri keuangan secara makro.

Setelah resmi terpisah antara BI dan OJK nantinya tugas bank sentral hanya mengawasi makroprudensial, yaitu mengawal laju inflasi dan penetapan suku bunga acuan (BI rate).

“Gaji yang menjadi tanggung jawab BI adalah pegawai yang sebelumnya bekerja di BI. Sedangkan struktur organisasi OJK nantinya dilebur dengan beberapa divisi Kementerian Keuangan,” jelas Ardhayadi.

OJK adalah sebuah lembaga pengawasan jasa keuangan yang independen dan mengawasi industri perbankan, pasar modal, reksadana, perusahaan pembiayaan, dana pensiun dan asuransi.

Selama belum dibentuknya OJK ini pengawasan industri keuangan masih terbagi dua yakni BI dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK), pasca dibentuknya OJK yang disahkan melalui UU OJK No.21 Tahun 2011 tugas Bapepam LK dan BI diambilalih oleh lambaga otoritas ini.
 

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Surya
0 KOMENTAR
728811 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas