Jumat, 30 Januari 2015
Tribunnews.com

Cara Melatih Otak Anda Untuk Melihat Peluang

Senin, 16 Juli 2012 13:19 WIB

Cara Melatih Otak Anda Untuk Melihat Peluang
Tung Desem Waringin

“Jadi apa langkah pertama Anda untuk melatih otak Anda melihat peluang bisnis, jawabannya adalah melek finansial.”

Keterangan :

Yang dimaksud melek finansial adalah kemampuan memahami sistem kata-kata dan angka yang akan membuat Anda kaya. Jika tidak mengerti kata-kata atau angkanya Anda sama saja berbicara dalam bahasa asing. Setiap kuadran mewakili sebuah bahasa asing.

Keterangan :

Masing-masing kuadran seperti sebuah negara yang berbeda, tidak semua menggunakan kata-kata yang sama. Kalau Anda tidak mengerti kata-katanya maka Anda tidak mengerti angkanya. Sebagai contoh, jika seorang dokter biasa mengatakan, “sistolik Anda 120 dan diastolik Anda 80,” apakah itu bagus atau jelek? Apakah hanya itu yang perlu Anda ketahui tentang kesehatan Anda? Jawabannya tentu saja “tidak”.

Namun itu sebuah awal. Sama saja seperti menanyakan, “P/E saya 12, dan cap rate rumah apartemen saya 12.” Apakah hanya ini yang perlu saya ketahui tentang kekayaan saya? Sekali lagi, jawabannya “tidak”, tapi ini sebuah awal.

Setidaknya kita mulai berbicara kata-kata yang sama dan menggunakan angka yang sama. Dan disinilah awal “melek finansial”, yang merupakan dasar kecerdasan finansial dimulai dengan mengerti kata-kata dan angka.

Halaman12
Editor: Administrator
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas