Selasa, 23 Desember 2014
Tribunnews.com

Ongkos Carter Dornier 32 Makassar-Poso Rp 42 Juta / Jam

Selasa, 17 Juli 2012 20:02 WIB

Ongkos Carter Dornier 32 Makassar-Poso Rp 42 Juta / Jam
DOK
Pesawat Dornier 328 propeller

TRIBUNNEWS.COM MAKASSAR - Anda tertarik mencarter pesawat terbang jenis Dornier 328 propeller? Untuk terbang di wilayah Indonesia timur, cukup menyediakan uang sekitar 4500 USD atau setara dengan Rp 41,8 juta , dengan kurs Rp 9200 / dolar.

Harga itu bukan sekali jalan melainkan ongkos yang dibayar per jam. "Biayanya segitu, dari maskapai," kata Eddy Pertajayadi, Distric Manager Express Air Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, kepada Tribun, Senin (17/7), saat memantau ground handling staff menyiapkan pesawat carteran propeller (baling-baling) Dornier 328-100 di apron Bandaran Sultan Hasanuddin, Makassar.

Pesawat ini disewa khusus oleh Kalla Group untuk mengangkut top dan middle manajemen mereka ke Poso, untuk meresmikan outlet Kalla Toyota di Jl Pulau Batam, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso.

Dan tidak hanya sejam. Rombongan yang didalamnya ikut adik kandung Jusuf Kalla, Fatimah Kalla dan putri JK Imelda ini akan berada di Poso selama 8 jam.

"Kalau certeran yah ditunggu, hitungannya sampai terbang kembali," kata Tian, pramugari Dornier 328 Propeller yang jadi flight atterndant selama perjalanan.

Pilot pesawat dengan register PK-TXQ ini, Joseph Bustaman SE, menerbangkan pesawat ini praktis hanya 2 jam, pulang pergi.

Pesawat take off dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 09.15 wita, dan tiba di Bandara Poso, pukul 10.00 wita.

Setelah rangkaian acara selama 5 jam, pesawat dengan 32 seat ini kembali ke Makassar pukul 17.30 wita, dan dijadwalkan tiba pukul 18.25 wita.

Penerbangan dengan pesawat baling-baling ini sekitar 55 menit dengan ketinggian 22.200 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Dalam kabin pesawat, Tribun sempat berbincang dengan Muhammad Darwis. Pria berusia sekitar 50-an tahun ini adalah liason officer yang kerap digunakan jasanya oleh keluarga Kalla untuk urusan carter pesawat.

Dia menyebutkan, urusan carter pesawat itu panjang. "Namun yang penting koordinasi," ujarnya.

Dua jam sebelum penumpang flight charter boarding, tahapan yang dilakukan adalah general check up. Ada lembar listing berisi fueling, pengecekan engine, cabin cleaner, loading, catering, penjemputan pilot dan flight attendant.

"Kita juga harus urus dengan aviation security, bagian air traffic control (ATC), weather crew (BMKG), dan ground handling crew.

Semua urusan tetek bengek penerbangan itu dihandle oleh jasa penerbangan yang disewa.

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Timur

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas