• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Tribunnews.com

Usia Petugas ATC Bandara Diperpanjang Hingga 65 Tahun

Selasa, 17 Juli 2012 18:05 WIB
Usia Petugas ATC Bandara Diperpanjang Hingga 65 Tahun
Net
Menara ATC

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas penerbangan RI melakukan perubahan kebijakan terkait dengan sumber daya manusia di Air Traffic Controller (ATC) bandara di seluruh Indonesia. Usia pengabdian mereka akan diperpanjang hingga 65 tahun.

Wisnu Daryono, Kasubdit Navigasi Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan mulai 2012, dilakukan beberapa perubahan kebijakannya diantaranya Petugas ATC yang tadinya bertugas hingga maksimal 56 tahun, kini diperbolehkan untuk bisa bertugas hingga berusia 65 tahun selama kesehatannya memenuhi syarat.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan jumlah sumber daya manusia (SDM). “Selain itu, kalau dahulu dilakukan pensarjanaan petugas ATC, kini dibalik menjadi meng-ATC-kan sarjana dengan mengikuti pendidikan selama satu tahun bagi para sarjana yang berminat untuk menjadi petugas ATC,” ujar Wisnu di Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Sarjana yang beminat menjadi petugas ATC menurut Wisnu bisa bagi mereka yang berpendidikan Sarjana strata satu atau strata dua. Mereka nanti akan dididik melalui empat diklat di antaranya di Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI) Curug, Tangerang dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan di Medan, Surabaya, dan Makasar.

Salah satu operator Bandara, PT Angkasa Pura II hingga saat ini masih banyak membutuhkan tenaga ATC yakni sebagai 661 orang sementara yang ada baru mencapai 216 sehingga kekurangan mencapai 245 orang. Sementara khusus di Bandara Soekarno Hatta dibutuhkan sebanyak 345 dan saat ini terdapat 218 personil sehingga kekurangannya sebanyak 128 petugas.

Menurut Staf Ahli Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Mulya Abdi untuk sleuruh petugas ATC diberlakukan kerja tiga shift dan setiap harinya di Soeta dibutuhkan sebanyak 194 petugas sehingga walaupun masih kekurangan namun masih bisa diantisipasi.

“Kami juga berupaya dengan menggelar pendidikan ATC sendiri juga melakukan kerja sama dengan seluruh pusat Sekolah Penerbangan untuk menyalurkan lulusannya ke AP II mengingat lama pendidikan bisa mencapai empat tahun,” kata Mulya.

Penulis: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
733781 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas