• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribunnews.com

Pentingya Beri Nilai dan Bangun Kepercayaan

Rabu, 18 Juli 2012 08:00 WIB
Pentingya  Beri Nilai  dan Bangun Kepercayaan
TRIBUNNEWS.COM/BUDI PRASETYO
Chief Straregy Consultan ARRBEY Strategy Maeketing New Business Consulting Business DR Handito Joewono (kiri) bersama Direktur Utama Sidomuncul Irwan Hidayat (kanan) dalam seminar TiiLEs siriies

TRIBUNNEWS.COM  JAKARTA-  Memberi nilai  tambah  bagi  suatu  produk dan  membangun kepercayaan  bagi konsumen menjadi penting artinya  bagi suatu kegiatan  bisnis, disamping tentunya juga terus melakukan upaya inovasi baru.

Ungkapan  ini diutarakan berdasarkan pengalaman Direktur Utama  PT Sidomuncul  Irwan Hidayat dalam melakukan kegiatan  bisnis Jamunya  pada kesempatan Transforming Info Large Enterprises  (TiiLEs) series dengan tema “ Be Large and Global  Enterprises With “new: Innovation” yang diselenggarakan  ARRBEY  Strategy  Marketing  New Business  Consulting Firm, Selasa ( 17/7/2012).

Bahkan  menurut Irwan  membangun kepercayaan konsumen pada produk jamu awalnya  memang sulit, Bagaimana tidak ?, karena pada awal mendirikan  perusahaan jamu belum ada laboratorium untuk menguji  produk seperti uji toksitas  dan lain sebagainya. “ Tidak seperti perusahaan farmasi yang telah memiliki laboratorium untuk menguji produknya.”kata Irwan.

Sehingga dalam perjalanan bisnisnya  Irwan  mengaku  sempar meniru bagaimana  cara perusahaan farmasi  melakukan  kegiatanya usahanya.

Oleh karena itu dalam membuktikan hasil produk jamunya  Irwan juga melakukan kegiatan uji toksitas dan CPOB ( Cara  Pembuatan  Obat yang Baik) , dengan cara seperti ini akan membangun kepercayaan bagi konsumennya.

Bukan  hanya itu yang dilakukan  dalam memberi nilai tambah terhadap produk , Irwan juga mengembangkan misalnya Tolak Angin  tidak hanya dalam bentuk cair saja, namun dikemas juga dalam produk permen.  

Sementara untuk nilai tambah , Irwan juga melakukan  terobosan dengan membangun pabrik bahan  baku herbal, Dengan  membangun pabrik bahan baku herbal ini, bahan-bahan jamu bisa dilakukan dengan standarisasi , selain itu perusahaan  jamu  lainnya dapat membeli  bahan dari perusahaan  herbal yang dimiliki Sidomuncul.

Dari segi  penjualan produk Sidomuncul  melalui produk herbal Tolak Angiin kini  telah berhasil menembuspangsa  pasar  Asia di Singapura, Malaysia, Hongkong dan pasar Timur Tengah dan Australia, bahkan terakhir  tengah dilakukan upaya untuk menembus pasar Amerika.

Untuk kegiatan usaha, selain  fokus utamanya dalam produk jamu, kini Sidomuncul juga mengembangkan bisnis perhotelan dengan membangun hotel bintang lima “ Tentrem” di Yogyakarta,

Penulis: Budi Prasetyo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
734981 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas