• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribunnews.com

Ini Peraih Indonesia Banking Award 2012

Kamis, 19 Juli 2012 02:48 WIB
Ini Peraih Indonesia Banking Award 2012
Kontan
PT Bank Central Asia (BCA) sebagai kategori bank swasta yang memiliki aset di atas Rp 50 triliun

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Banking Award kembali digelar tahun ini. Acara ini diadakan oleh Perbanas Institute bekerja sama dengan Tempo.

Award ini akan memberi penilaian terhadap bank-bank secara komprehensif, yaitu dari sisi kinerja keuangan dan kinerja efisiensi relative industry.

Untuk tahun ini jumlah bank yang dijadikan objek penelitian pada Indonesia Banking Award 2012 ini mencapai 118 bank.

"118 bank tersebut terdiri dari 107 bank umum dan 11 bank syariah," kata Ketua Perbanas, Sigit Pramono, di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Dalam Award kali ini bank di rating berdasarkan 10 kategori, yakni; bank persero, bank swasta nasional beraset di atas Rp 50 triliun, bank swasta nasional beraset Rp 5 triliun-Rp 50 triliun, bank swasta nasional beraset sampai Rp 5 triliun, BPD beraset di atas Rp 10 triliun, BPD beraset sampai Rp 10 triliun, bank campuran, bank asing, bank syariah beraset di atas Rp 5 triliun, dan bank syariah beraset sampai Rp 5 triliun.

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Perbanas Institute, dalam melakukan penilaiannya, menggabungkan metode kinerja keuangan dan kinerja efisiensi dengan bobot masing-masing 50 persen.

Kinerja keuangan diukur dengan indikator Capital, Asset Quality, Earning, dan Liquiduty (CAEL). Sementara kinerja efisiensi diukur dengan Data Envelopment Analysis (DEA).

Tim peneliti adalah tim dosen Institute Perbanas yang melakukan penelitian atas kinerja keuangan dan efisiensi industri perbankan di Indonesia secara terus menerus. Ketua tim peneliti adalah Zaenal Abidin, sebagai anggotanya adalah Dr Endri dan Dyah Nirmalawati.

Berikut adalah pemenang Indonesia Banking Award berdasarkan kategorinya. Kategori bank persero peringkat berturut-turut adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Kategori bank swasta nasional beraset di atas Rp 50 triliun adalah PT Bank CIMB Niaga, PT Bank Central Asia (BCA), PT Bank Bukopin.

Kategori bank swasta nasional beraset Rp 5 triliun-Rp 50 triliun adalah PT Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN), PT Bank Victoria International, PT Bank Nusantara Parahyangan.

Kategori bank swasta nasional beraset sampai dengan Rp 5 triliun adalah PT Bank Jasa Jakarta, PT Bank Hanabank, PT Bank Kesejahteraan Ekonomi.

BPD beraset di atas Rp 10 triliun adalah PT Bank Jatim, PT Bank Bali, PT Bank Papua.

BPD beraset sampai dengan Rp 10 triliun adalah PT Bank NTT, PT Bank Sulsel, PT Bank Jambi.

Kategori bank campuran adalah PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, PT Bank Pesona Perdania, PT Bank Mizuho Indonesia.

Kategori bank asing adalah PT Bank Of Tokyo VFJ LTD, PT Bank Citibank, PT Bank The Hongkong and Shanghai BC (HSBC).

Kategori bank syariah beraset di atas Rp 5 triliun adalah PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BNI Syariah, PT Bank Mega Syariah.

Dan terakhir kategori bank syariah beraset sampai dengan Rp 5 triliun adalah PT Panin Bank Syariah, PT Maybank Syariah, PT Bank Victoria Syariah.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
738181 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas