• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribunnews.com

Harga Kaki Lima, Dim Sum Gerobak Jadi Incaran Pembeli

Minggu, 22 Juli 2012 19:02 WIB
Harga Kaki Lima, Dim Sum Gerobak Jadi Incaran Pembeli
BANJARMASIN POST/SALMAH
ILUSTRASI

Laporan Rini Ayuningtias
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bagi Anda penggemar dim sum, tak ada salahnya mencoba dim sum gerobak yang terletak di depan arena Pasar Rawamangun. Hanya dengan Rp. 15 ribu/porsi, Anda sudah dapat mencicipi lima jenis dim sum sekaligus. Ada imperial ha-kau isi udang, siew mai isi ayam udang, fen-gue isi ikan udang, hissit kau isi ayam sayur, dan khwotie isi ikan mushroom yang bisa menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa.
 
“Kami jualan di sini khusus bulan Ramadan saja. Kami menyebutnya Dim Sum Favorit, dengan harapan suatu saat nanti bisa jadi favorit konsumen.” cerita salah satu karyawan, Inan (39), kepada Tribunnews sambil menggoreng batagor yang juga jadi produk andalan dim sum gerobak itu (Minggu, 22/7/2012).
 
Ketika melayani pembeli, Inan tidak sendiri. Ia ditemani dua rekannya, Asep (22) dan Aceng (27). “Biar pun ini makanan luar, tapi boss yang mengelola bisnis ini asli dari Karawang (Jawa Barat). Bahan-bahan kami juga lokal punya.” Asep menjelaskan sambil tertawa. Bisnis dim sum gerobak yang sudah dibangun sejak tahun 2000-an ini aslinya terdapat di dua tempat. “Jualan di sini (Pasar Rawamangun) kan selama bulan puasa aja. Besok-besok kalau mau beli dim sum, mampir aja ke Jalan Pegambiran dan Cipinang.” sambung Aceng.
 
Untuk berjualan di depan pasar tersebut, pengelola gerobak dim sum harus membayar uang sewa sebesar Rp. 600 ribu selama sebulan. Ketiga karyawan dim sum favorit tersebut pun sudah mulai mendorong gerobok ke Pasar Rawamangun menjelang siang hari. Mereka berjualan dari pukul 14.00 WIB hingga 19.00 WIB. “Selain dim sum, kami juga jual siomay dan batagor. Tapi paling laris itu dim sum. Rata-rata orang sekali beli bisa tiga sampai empat porsi.” ungkap Asep.
 
Jika dengan Rp. 15 ribu seporsi dim sum sudah dilengkapi bumbu saos dan kecap asin, siomay hokky dan batagor hanya merogoh kocek Rp. 10 ribu. Dengan uang segitu, pembeli sudah dapat menikmati seporsi siomay dan batagor beserta bumbu kacang sebagai pelengkap hidangan. Siomay hokky seporsinya terdiri dari siomay ikan tenggiri, kentang, tahu, pare, telur rebus, dan kubis. “Saya beli siomay hokky untuk buka puasa, dari namanya aja udah menggugah selera.” ujar Leli (27), salah seorang pembeli.
 
Sedangkan untuk batagor, seporsinya terdiri dari pangsit goreng, tahu isi ikan tenggiri, otak-otak ikan atau bisa pilih sesuai selera. “Kayaknya enak jadi pengen beli, jajal aja sih, daripada penasaran.” ujar Tato (54), salah seorang pembeli dim sum dan batagor yang turut antri di belakang gerobak. (*)

BACA JUGA:


Editor: Sugiyarto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
750172 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas