• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribunnews.com

Kementerian Kelautan Tekan Harga Ikan melalui Bazar

Kamis, 26 Juli 2012 11:24 WIB
Kementerian Kelautan Tekan Harga Ikan melalui Bazar
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
SEAFOOD – Seorang karyawan menata ikan laut di Pasar Ikan Peraoe Seafood di Jalan Sumatra, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar bazzar ikan menjelang Ramadan. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga harga ikan di masa bulan suci Ramadan.

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Saut P. Hutagalung mengatakan bahwa bazzar ikan akan dilakukan selama dua hari ini (26-27 Juli 2012)  akan dimulai  di 15 kota di Jabodetabek  dan akan berlanjut di kota-kota lainnya.

"Kami akan lakukan di seluruh provinsi dan mulainya secara bertahap," ujarnya saat ditemui di Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Jakarta, Kamis(26/7/2012).

Bazzar ini menjual harga lebih murah daripada harga di Pasar, seperti bandeng yang dipasar Rp 25.000 per Kg menjadi Rp 20.000 per Kg. Lalu, ikan Tuna yang dijual  dipasar Rp 18.000 per Kg sedangkan di bazzar dijual seharga Rp 15.000 per Kg.

Dengan menggelar bazar ini, ia memperkirakan bahwa harga ikan tidak seperti kenaikan harga daging.

"Enggak akan kayak daging naiknya, paling hanya 8-10 persen," katanya.

Ia memperkirakan bahwa kenaikan hanya terjadi untuk barang ekspor atau industri. Kenaikan ini karena stok industri memang berkurang di bandingkan dengan stok konsumsi.

"Stok untuk eksport mungkin sedikit berkurang, namun kalau untuk konsumsi tidak akan naik, maksimal 10 persen," katanya.

Penulis: arif wicaksono
Editor: Willy Widianto
Sumber: Tribun Jakarta
0 KOMENTAR
763721 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas