• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribunnews.com

MPV Jadi Favorit Mobil Bekas

Senin, 30 Juli 2012 17:02 WIB
MPV Jadi Favorit Mobil Bekas
net
MPV Orlando dan Pick Up Colorado

Laporan Sari Oktavia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dari semua jenis mobil bekas yang terjual, Multi Purpose Vehicle atau disingkat MPV merupakan jenis yang paling diminati oleh masyarakat.

"Iya, MPV paling diminati. Mobil untuk keluarga soalnya," ungkap karyawan showroom Mobil 99 Idrus hari ini Senin (30/07/2012) di Margonda, Depok.

Merk jenis MPV yang palis laris dijual adalah merk Avanza. Setelah Avanza, merk lain yang diminati adalah Xenia dan Kijang. Jenis yang lebih kecil lagi seperti Honda Jazz dan Suzuki Escudo. 

Harga yang ditawarkan oleh showroom mobil bekas pun bervariasi tergantung pada umur dan kualitas mobil. Semakin tua umur mobil, maka harganya akan semakin berkurang.

Sementara itu, semakin bagus kualitas mobil, harganya akan semakin naik. Meski demikian, menurut penuturan karyawan Mitra Dua Mobil Depok, Didi Suradi, umur terkadang tidak berhubungan dengan kualitas.

"Terkadang umurnya tua, tapi karena perawatannya bagus, kualitas mobilnya masih bagus. Kadang juga, umurnya masih muda, tapi sudah penyok sana-sini," ungkap Didi.

Untuk MPV yang berumur sekitar 8 tahun, penjual mobil bekas mematok harga mulai dari 90 juta hingga 170 juta. "Seperti yang dibilang tadi, harga akan tergantung kualitas serta kecocokan pembeli," tambah Didi.

Sementara itu, untuk mobil jenis lainnya, harga berkisar mulai dari 60 juta hingga 200 juta.  Setiap showroom mobil bekas menyediakan bermacam-macam jenis dan merk mobil. Meski demikian, dalam satu showroom, rata-rata hanya menyediakan 7-10 pilihan mobil.

Selain karena keterbatasan lahan yang ada, jumlah mobil yang terbatas memang didasarkan pada permintaan masyarakat yang kurang terhadap mobil bekas terlebih ketika memasuki bulan Ramadhan."Kalau bulan Ramadhan memang penjualannya turun," ungkap karyawan Rizki Utama Motor, Azis. 

Menurunnya penjualan ini diduga diakibatkan karena masyarakat cenderung untuk menyewa mobil daripada membeli. Selain itu, momen Ramadhan yang seringkali hampir bersamaan dengan momen masuk sekolah juga dianggap menjadi penyebab menurunnya minat masyarakat untuk membeli mobil bekas. (*)  

BACA JUGA:

Editor: Sugiyarto
1 KOMENTAR
777682 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas