• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribunnews.com

Lebaran, Masyarakat Jawa-Bali Masih Hobi Ngobrol

Rabu, 22 Agustus 2012 10:37 WIB
Lebaran, Masyarakat Jawa-Bali Masih Hobi Ngobrol
gadgetekno.com
XL menawarkan layanan baru. Seorang SPG memberi penjelasan layanan baru XL kepada pelanggannya

TRIBUNNEWS.COM  JAKARTA. Saat lebaran, masyarakat masih suka melakukan percakapan melalui telepon. Namun orang yang paling banyak menggunakan percakapan melalui telepon adalah masyarakat dari Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk (EXCL) Hasnul Suhaimi menjelaskan, secara keseluruhan layanan data kini sudah mulai menggeser layanan percakapan suara. Namun masih ada masyarakat yang suka menggunakan layanan suara, khususnya menjelang dan saat hari H lebaran tahun ini.

"Penggunaan suara tertinggi pada hari H (4,5%) dengan penggunaan traffic tertinggi terjadi pada region East (Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara) yang mencapai 7,68%," kata Hasnul di Jakarta, Senin (20/8/2012).

XL mengklaim jaringan tetap aman dan sukses mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan. Di lebaran tahun ini juga mulai terjadi pergeseran dimana layanan data menjadi pilihan utama pelanggan dalam menyampaikan pesan Idul Fitri bagi kerabat dan handai taulan, selain tentunya layanan Voice dan SMS.

Selama perayaan Idul Fitri, layanan terhadap pelanggan tetap lancar dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Pada hari biasa, trafik percakapan sebesar 600 juta menit, SMS 660 juta SMS dan layanan data sebesar 52 terabytes.

Kenaikan traffic tertinggi di H-2 dan H-1, terjadi pada layanan data yakni (30,8%) dan (26,9%). "Secara umum layanan data mengalami lonjakan traffic yang paling tinggi dibandingkan layanan Voice dan SMS, sejalan dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh masyarakat/pelanggan seperti penggunaan layanan BBM, Facebook, Twitter ataupun media jejaring sosial lainnya," tambahnya.

Sebagai catatan, layanan data XL pada hari H-2 mencapai 68 terabytes (30,8%), H-1 sebesar 66 terabytes (26,9%). Serta pada hari H sebesar 62 terabytes (19%). Sementara trafik percakapan pada hari H-2 sebesar 560 juta menit (- 6,7), H-1 sebesar 556,4 juta menit (-6,6%) dan pada hari H sebesar 625 juta menit (4,5%).

Sedangkan trafik SMS pada hari H-2 sebesar 470 juta SMS (-29), hari H-1 sebesar 575 juta SMS (-12,9%) dan hari H sebesar 565 juta SMS (-14%). (Didik Purwanto/Kompas.com)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
851902 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas