• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunnews.com

PT ASDP Indonesia Ferry Kembali Meraih Predikat Sangat Baik

Jumat, 7 September 2012 17:02 WIB
PT ASDP Indonesia Ferry Kembali Meraih Predikat Sangat Baik
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI
Sekitar 30 truk tujuan ke Bangka antre menunggu giliran untuk masuk kapal di pelabuhan 35 ilir Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (19/6/2012). Menurut Kabid Perhubungan Laut dan ASDP Sahib Albar SH MM, antrean panjang ini disebabkan adanya pengecekkan kapal, seperti pengecekkan fisik, keselamatan dan cek kelayakan jalan, disamping itu juga penyebab lainnya adalah meningkatnya permintaan stock barang kelontongan ke Bangka menjelang puasa. Berdasarkan pengakuan seorang sopir truk, ia sudah menunggu selama tujuh hari dan belum juga bisa naik kapal. (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali mengukir prestasi di bidang kinerja usaha. Mengulang sejarah sukses, tahun 2012 PT ASDP menjadi salah satu BUMN yang meraih predikat sangat baik bersama dengan 51 BUMN lainnya dalam Rating Perusahaan BUMN versi Infobank 2012.

“Kami sangat bangga dengan predikat yang berhasil diraih. Apalagi ini adalah kali kedua ASDP mendapatkan predikat “sangat bagus”,” ungkap Danang S Baskoro, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dalam siaran persnya, Jum'at (7/9/2012).

Dari tahun ke tahun, Biro Riset Infobank melalui Majalah Infobank merilis hasil risetnya terhadap 117 BUMN dengan cara melakukan analisis dan kajian  dalam bentuk rating mengenai kinerja keuangan BUMN. 

Pada tahun 2010 lalu, berdasarkan hasil riset Majalah Infobank yang dirilis pada bulan Februari 2010 , ASDP pernah disematkan sebagai BUMN dengan predikat ‘Sangat Bagus’ --terutama dalam aspek keuangan,--bersama 41 BUMN lainnya.

Dan untuk tahun 2012, ada 117 BUMN yang menjadi target riset yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan pertumbuhan dan rasio keuangan penting untuk seluruh BUMN yang menyerahkan Laporan Keuangannya ke Kementerian BUMN.

Data keuangan yang diambil adalah data keuangan tahun 2010 dan 2011. Adapun kriteria “Rating 117 BUMN Versi Infobank 2012” ini meliputi dua hal yaitu pertumbuhan (30%) dan rasio keuangan penting (70%). Pertumbuhan yang dinilai adalah pertumbuhan asset, pendapatan usaha dan pertumbuhan laba.

“Dibandingkan tahun 2010 lalu, terdapat kenaikan skor predikat sangat bagus yaitu dari skor 92,8% kini ASDP meraih skor 98,67%,” tutur Danang. 

Predikat ‘Sangat Bagus’ tersebut menunjukkan bahwa kerja keras seluruh jajaran dewan komisaris, direksi dan karyawan dalam menjalankan program-program perusahaan sudah berada dalam jalur yang tepat.

ASDP berhasil melanjutkan kinerja menawan hingga tahun 2011 dimana ASDP mampu meraih pertumbuhan laba sebesar 81,54% dari Rp.70,43 miliar menjadi Rp.127,86 miliar. Kenaikan juga terdapat dalam komponen keuangan lainnya, seperti aktiva, modal dan pendapatan usaha sebesar 15% hingga 26%. Kenaikan laba bersih perusahaan ini ditopang oleh kenaikan pendapatan usaha sebesar 26,13% menajdi Rp.1,16 triliun pada tahun 2011 dari Rp.921,54 miliar pada tahun 2010.

“Sebagai korporasi negara, ASDP akan terus meningkatkan kinerja usahanya sehingga mencapai keuntungan maksimal. Tentunya, peningkatan kinerja ini juga diikuti dengan peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa karena kepercayaaan pengguna jasa dapat mendongkrak kinerja usaha yang dilakukan,” ujar Danang. (*)

BACA JUGA:


Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sugiyarto
0 KOMENTAR
906222 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas